Friday, January 13, 2017

Pengertian Awan Alto Stratus

Pengertian Awan Alto Stratus - Salah satu benda yang ada di langit yang dapat kita temui adalah awan. Awan tersebut tidak hanya dapat ditemui pada pagi, siang atau sore hari saja, namun juga dapat ditemui pada malam hari juga. Meskipun ketika malam hari awan tidak akan terlihat dengan jelas tidak seperti pada siang hari. Salah satu dari jenis awan yang ada di langit adalah awan Alto Stratus. Awan Alto Stratus (As) merupakan salah satu Jenis awan ada banyak sekali, dan awan alto stratus merupakan salah satu jenis awan yang berada pada ketinggian menengah atau juga pada ketinggina yang sedang. Awan Alto Stratus merupakan jenis awan yang berbentuk lembaran dan seringkali berbentuk satu struktur berserat. Awan Alto Stratus ini memiliki bentuk yang meluas dan menyebar di angkasa tebal dan berwarna putih kelabu.

Awan Alto Stratus

Awan Alto Stratus ini dapat membentuk sebuah korona sehingga apabila bulan dan matahari warna sinarnya akan terlihat pucat apabila melewati awan alto stratus ini. 

Ciri- ciri Awan Alto Stratus

Awan Alto Stratus merupakan sebuah awan yang terbentuk dari hasil penguapan air yang dipanaskan oleh sinar matahari. Awan Alto Stratus ini juga mempunyai ciri-ciri atau karalteristiknya. Karakteristik atau ciri- ciri dari awan Alto Stratuspun tidak dimiliki oleh jenis awan yang lainnya. Ciri atau karakteristik dari Awan Alto Stratus harus anda ketahui sehingga anda dapat membedakan antara awan Alto Stratus dengan awan yang lainnya. Adapun ciri- ciri atau karakteristik dari awan Alto Stratus antara lain adalah sebagai berikut. Baca juga Awan Alto Cumulus
  • Bentuk dari awan Alto Stratus yaitu lembaran yang berupa satu struktur berserat
  • Warnanya yang abu-abu atau biru keabu-abuan
  • Ketika Awan Alto Stratus muncul akan Menutupi langit dengan dengan sebaran yang luas
  • Salah satu awan yang menghasilkan hujan baik itu gerimis atau ringan, sedang, ataupun hujan salju
  • Struktur awan Terdiri dari butiran air dan juga es
  • Kemunculan awan akan terlihat ketika waktu senja dan juga malam hari, dan kurang jelas ketika matahari terbit

Proses Terjadinya Awan Alto Stratus

Awan Alto Cumulus merupakan awan yang muncul karena adanya awan Nimbo Stratus yang menipis atau juga dari awan Cirro Stratus yang menebal kemudian merendah hingga hingga ke lapisan awan menengah. Pada umumnya awan Alto Stratus merupakan awan yang terbentuk secara merata akibat adanya pergerakan udara secara vertikal yang naik secara perlahan- lahan hingga ke lapisan menengah.

Awan ini sangat awet karena muncul dari senja hari, malam hari hingga pagi harinya lagi. Awan Alto Stratus ini merupakan salah satu awan sebagai pertanda akan terjadinya hujan, baik hujan ringan ataupun sedang, bahkan hingga hujan salju yang terjadi cukup lama. Apabila ada angin yang kencang, maka awan Alto Stratus akan berubah menjadi awan Alto Stratus Lenti Cularis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:47:00 PM

Related : Pengertian Awan Alto Stratus

0 komentar:

Post a Comment