Jumat, 13 Januari 2017

Pengertian Awan Cirrocumulus

;
Pengertian Awan Cirrocumulus - Awan cirrocumulus adalah awan kelompok tinggi yang mirip dengan awan stratocumulus dan altocumulus, akan tetapi awan ini memiliki bulatan-bulatan yang lebih kecil dari pada kedua jenis awan tersebut yaitu stratocumulus dan altocumulus, jika dilihat dari permukaannya. Awan cirrocumulus adalah sebuah awan awan yang terlihat menyerupai ombak di pantai yang memiliki bentuk bulat atau serpihan. Awan cirrocumulus memiliki warna putih yang berbaris atau berkelompok sehingga awan ini terlihat seperti ombak. Awan cirrocumulus adalah awan yang memiliki bentuk terputus-putus yang tersususn dari sekumpulan kristal es yang bergrombol sehingga memiliki bulatan-bulatan kecil yang berwarna putih dan terlihat seperti sekelompok domba serta tidak menimbulkan bayangan. 

awan cirrocumulus

Jenis-jenis Awan Cirrocumulus ( Cc )

Setiap awan dari berbagai enis awan tentunya memiliki jenis-jenis tersendirinya juga, sudah pasti awan-Awan cirrocumulus juga memilikinya. 

 Dan berikut ini merupakan beberapa jenis awan cirrocumulus ini. Berikut adalah 4 jenis dari awan cirrocumulus tersebut. Baca lebih lengkap Macam-Macam Awan dan Pengertiannya

Cirrocumulus Stratiformis ( Cc-Str )

Awan Cirrocumulus Stratiformis (Cc-Str) merupakan salah satu jenis awan cirrocumulus. Cirrocumulus Stratiformis adalah sebuah awan yang tipis sangat kecil dan merupaka salah satu bagian yang tipis ketika awan Cirrocumulus muncul.

Cirrocumulus Lenticularis (Cc-Len)

Cirrocumulus lenticularis bentuk saat udara stabil dipaksa ke atas; ini biasanya karena fitur orografis, tetapi dapat terjadi jauh dari pegunungan juga. Irisation kadang-kadang dapat terjadi dengan awan tersebut.

Cirrocumulus Castellanus (Cc-Cas)

Cirrocumulus castellanus merupakan indikator ketidakstabilan atmosfer pada tingkat awan. Awan terbentuk ketika kondensasi terjadi di dasar awan, menyebabkan pemanasan laten terjadi. Hal ini menyebabkan udara naik dari dasar awan, dan jika udara naik ke udara kondisional tidak stabil, castellanus cirrocumulus akan membentuk.

Cirrocumulus Floccus (Cc-Flo)

Awan floccus cirrocumulus merupakan indikator ketidakstabilan atmosfer pada tingkat awan. Bahkan, floccus cirrocumulus dapat terbentuk dari castellanus cirrocumulus,

Karakteristik Awan Cirrocumulus

Awan cirrocumulus adalah sebuah awan yang juga memiliki ciri atau karakteristiknya sendiri, Ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh Awan cirrocumulus tersebut digunakan sebagai pembeda antara Awan cirrocumulus dengan jenis-jenis awan yang lainnya. Berikut ini adalah ciri atau karakteristik dari Awan cirrocumulus.  Baca lebih lengkap Pengertian Awan Cimulonimbus dan Ciri-ciri dan jenisnya

Pada umumnya awan selalu memiliki bentuk yang unik dan ciri khas masing-masing yang tidak dimiliki oleh awan lainnya. Bentuk dari awan cirrocumulus biasanya berbentuk seperti lensa atau perca atau seperti biji-bijian yang pusarannya kurang dari 1 derajat. Awan ini juga berbentuk tipis dan berwarna putih hingga kelabu serta memiliki bayangan.

Awan cirrocumulus berbentuk seperti serpihan-serpihan kecil atau massa bulatan yang sangat kecil. Penyebarannya pun sangat teratur dan apabila dicermati akan terlihat seperti sisik ikan. Dimana penyebaran dari awan cirrocumulus yang teratur ini sering disebut sebagai langit Macharel oleh para pelaut. Karakteristik yang dimiliki awan cirrocumulus adalah sebagai berikut.
  • Awannya tipis
  • Berbentuk perca-perca berwarna putih
  • Terputus-putus dan penuh kristal es
  • Lapisan tanpa bayangannya terdiri dari elemen-elemen yang kecil berbentuk seperti biji
  • Biasanya mengumpul atau memencar
  • Susunannya teratur
  • Dapat berubah menjadi cirrostratus
  • Terkadang bisa bercampur dengan salju
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 23.09.00

Related : Pengertian Awan Cirrocumulus

0 komentar:

Posting Komentar