Langsung ke konten utama

Pengertian Awan Cirrus

Pengertian Awan Cirrus - Awan Cirrus adalah sebuah awan yang memiliki warna putih, namun warna putihnya terpisah dan terletak pada bagian paling tinggi di dalam tingkatan awan dan juga sangat tipis sekali, Awan Cirrus ini juga memiliki serat yang menyerupai gula-gula kapas. Awan ini terdiri dari kristal es yang terbentuk pada saat uap air yang membeku menjadi sebuah kristal es pada ketinggian diatas 8000 m. Awan cirrus ini juga memiliki bentuk yang cukup sederhana, penyebarannya pun tidak tetap namun Awan Cirrus ini sangat mudah untuk dikenali, terutama pada saat ada sinar atau cahaya terang. Maka awan ini akan terlihat seperti membentuk sebuah jalur yang rata. Apabila awan cirrus dilihat pada posisi horizon maka daerah awan tersebut akan tampak cahaya berwarna kuning terang, merah dan hampir menutup sebagian besar langit diatasnya. 

Awan Cirrus

Jenis-jenis Awan Cirrus

Awan Cirrus sama seperti awan-awan yang lainnya yaitu memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Awan Cirrus memiliki jenisnya tersendiri dikarenakan awan ini memiliki beberapa bentuk yang berbeda pada bagian-bagian tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari Awan Cirrus yang akan di elaskan pada penjelasan dibawah ini. Baca lebih lengkap Macam-Macam Awan dan Pengertiannya

Cirrus Fibratus

Awan cirrus fibratus memiliki bentuk seperti benang atau juga mirip dengan rambut yang halus yang rata ataupun juga melengkung seperti halnya bulu ayam. Awan Cirrus Fibratus biasanya Terletak pada ketinggian diatas 6.000 m dan biasanya dapat menjadi indikator dari cuaca yang akan cerah.

Cirrus Densus

Awan Densus akan terlihat tebal jika anda lihat dengan secara seksama, sehingga akan terlihat berwarna keabu-abuan jika dilihat ke arah matahari. Awan ini terbentuk dari sisa-sisa landasan Cb (Cumulonimbus) yang terurai dan area tebalnya terkadang sulit untuk dibedakan dengan awan menengah As. 

Awan ini memiliki bentuk yang terpisah-pisah dan biasanya tidak bertambah, terlihat seperti perca-perca.

Cirrus Uncinus

Awan cirrus uncinus memiliki bentuk yang mirip seperti kail atau berbentuk ikal dan bagian puncaknya mirip seperti jambul.

Cirrus Nothus

Awan cirrus nuthus adalah awan yang terbentuk karena puncak Cb yang pecah atau terurai.

Ciri Awan Cirrus

Secara umum, setiap awan selalu memiliki ciri khas tersendiri, begitu juga dengan awan cirrus. Berikut ini adalah ciri-ciri dari awan cirrus. Baca juga Pengertian Awan Cimulonimbus ciri-ciri dan Jenisnya
  • Bentuk dari awan Cirrus berbentuk seperti bulu ayam
  • Awannya berdiri sendiri dan teksturnya halus
  • Terletak di bagian paling tinggi
  • Tidak menyebabkan hujan
  • Memiliki ukuran yang kecil
  • Tidak padat dan tidak tebal
  • Terdiri dari halbor air yang terjadi disebabkan oleh suhu yang Dingin pada atmosfir
  • Ditiupkan oleh angin timuran yang bergelora dan berwarna putih Dengan pinggiran yang tidak jelas

Proses Terbentuknya Awan Cirrus

Awan Cirrus terbentuk dari adanya panas matahari yang menyebabkan air yang berrada di muka bumi mengalami proses penguapan. Uap air tersebut akan bergerak naik ke atas langit dan ketika uap tersebut naik, uap air mulai menjadi dingin. Hasilnya, uap air tersebut mulai berkondensasi membentuk sebuah butiran-butiran air atau butiran-butiran es. Dari kumpulan butiran-butiran air dilangit tersebutlah yang sering disebut sebagai awan. 

 Apabila butiran-butiran air tersebut semakin membesar maka ketika awan tersebut sudah tidak kuan untuk menampung butiran butiran es tersebut maka akan jatuh kembali ke bumi sebagai hujan. Terkadang suhu udara yang terlalu dingin dapat membuat butiran-butiran air tersebut membeku dan jatuh ke bumi sebagai salju dan bahkan bisa menjadi hujan es. Proses ini akan terus berputar sedemikian rupa.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…