Sunday, January 15, 2017

Pengertian Awan Cirrus

Pengertian Awan Cirrus - Awan Cirrus adalah sebuah awan yang memiliki warna putih, namun warna putihnya terpisah dan terletak pada bagian paling tinggi di dalam tingkatan awan dan juga sangat tipis sekali, Awan Cirrus ini juga memiliki serat yang menyerupai gula-gula kapas. Awan ini terdiri dari kristal es yang terbentuk pada saat uap air yang membeku menjadi sebuah kristal es pada ketinggian diatas 8000 m. Awan cirrus ini juga memiliki bentuk yang cukup sederhana, penyebarannya pun tidak tetap namun Awan Cirrus ini sangat mudah untuk dikenali, terutama pada saat ada sinar atau cahaya terang. Maka awan ini akan terlihat seperti membentuk sebuah jalur yang rata. Apabila awan cirrus dilihat pada posisi horizon maka daerah awan tersebut akan tampak cahaya berwarna kuning terang, merah dan hampir menutup sebagian besar langit diatasnya. 

Awan Cirrus

Jenis-jenis Awan Cirrus

Awan Cirrus sama seperti awan-awan yang lainnya yaitu memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Awan Cirrus memiliki jenisnya tersendiri dikarenakan awan ini memiliki beberapa bentuk yang berbeda pada bagian-bagian tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari Awan Cirrus yang akan di elaskan pada penjelasan dibawah ini. Baca lebih lengkap Macam-Macam Awan dan Pengertiannya

Cirrus Fibratus

Awan cirrus fibratus memiliki bentuk seperti benang atau juga mirip dengan rambut yang halus yang rata ataupun juga melengkung seperti halnya bulu ayam. Awan Cirrus Fibratus biasanya Terletak pada ketinggian diatas 6.000 m dan biasanya dapat menjadi indikator dari cuaca yang akan cerah.

Cirrus Densus

Awan Densus akan terlihat tebal jika anda lihat dengan secara seksama, sehingga akan terlihat berwarna keabu-abuan jika dilihat ke arah matahari. Awan ini terbentuk dari sisa-sisa landasan Cb (Cumulonimbus) yang terurai dan area tebalnya terkadang sulit untuk dibedakan dengan awan menengah As. 

Awan ini memiliki bentuk yang terpisah-pisah dan biasanya tidak bertambah, terlihat seperti perca-perca.

Cirrus Uncinus

Awan cirrus uncinus memiliki bentuk yang mirip seperti kail atau berbentuk ikal dan bagian puncaknya mirip seperti jambul.

Cirrus Nothus

Awan cirrus nuthus adalah awan yang terbentuk karena puncak Cb yang pecah atau terurai.

Ciri Awan Cirrus

Secara umum, setiap awan selalu memiliki ciri khas tersendiri, begitu juga dengan awan cirrus. Berikut ini adalah ciri-ciri dari awan cirrus. Baca juga Pengertian Awan Cimulonimbus ciri-ciri dan Jenisnya
  • Bentuk dari awan Cirrus berbentuk seperti bulu ayam
  • Awannya berdiri sendiri dan teksturnya halus
  • Terletak di bagian paling tinggi
  • Tidak menyebabkan hujan
  • Memiliki ukuran yang kecil
  • Tidak padat dan tidak tebal
  • Terdiri dari halbor air yang terjadi disebabkan oleh suhu yang Dingin pada atmosfir
  • Ditiupkan oleh angin timuran yang bergelora dan berwarna putih Dengan pinggiran yang tidak jelas

Proses Terbentuknya Awan Cirrus

Awan Cirrus terbentuk dari adanya panas matahari yang menyebabkan air yang berrada di muka bumi mengalami proses penguapan. Uap air tersebut akan bergerak naik ke atas langit dan ketika uap tersebut naik, uap air mulai menjadi dingin. Hasilnya, uap air tersebut mulai berkondensasi membentuk sebuah butiran-butiran air atau butiran-butiran es. Dari kumpulan butiran-butiran air dilangit tersebutlah yang sering disebut sebagai awan. 

 Apabila butiran-butiran air tersebut semakin membesar maka ketika awan tersebut sudah tidak kuan untuk menampung butiran butiran es tersebut maka akan jatuh kembali ke bumi sebagai hujan. Terkadang suhu udara yang terlalu dingin dapat membuat butiran-butiran air tersebut membeku dan jatuh ke bumi sebagai salju dan bahkan bisa menjadi hujan es. Proses ini akan terus berputar sedemikian rupa.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:27:00 AM

Related : Pengertian Awan Cirrus

0 komentar: