Langsung ke konten utama

Pengertian Awan Cumulonimbus, Ciri-ciri, dan Jenisnya

Pengertian Awan Cumulonimbus, Ciri-ciri, dan Jenisnya - Awan Kumulonimbus (Cb) adalah sebuah awan vertikal yang menjulang sangat tinggi, bertekstur padat, dan sebagai pertanda adanya keterlibatan dalam badai petir dan juga cuaca dingin dan lainnya. Kata Kumulonimbus berasal dari dua suku kata bahasa Latin, yaitu "cumulus" yang berarti terakumulasi dan juga "nimbus" yang berarti hujan. Awan cumolonimbus ini adalah awan yang terbentuk dari ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan Cumulonimbus dapat terbentuk sendiri akibat adannya ketidakstabilan atmosfer secara berkelompok akan berkumpul di sepanjang front dingin pada garis squall. Awan cumolonimbus ini menyertakan petir bersamanya, petir tersebut trcipta dari jantung awan cumolonimbus tersebut.

Pengertian Awan Cumulonimbus, Ciri-ciri, dan Jenisnya

Ciri-Ciri Awan Cumolonimbus

Awan Cumolonimbus memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari awan lain, salah satunya yaitu memiliki puncak yang menyerupai jamur atau juga berbentuk seperti landasan pesawat yang biasa disebut dengan anvil dome. Awan ini berwarna gelap dengan tkstur padat, dan pertumbuhannya terjadi secara vertikal hingga mencapai ketinggian 23 ribu meter atau 39 ribu feet. Baca lebuh lengkap Macam-Macam Awan dan Pengertiannya

secara Sifat fisisnya Awan Cumolonimbus terdiri dari tetes air. Dan juga terdiri dari butiran-butiran kristal salju pada ketinggian sekitar 10 km. Awan Cumolonimbus pada ketinggian tersebutlah adalah Awan Cumolonimbus yang dapat menimbulkan hujan es atau rambun pada kondisi tertentu. Awan Cumolonimbus juga memiliki julukan sebagai baterai raksasa, karena Awan Cumolonimbus memiliki muatan ion positif dan negatif yang ketika berada dalam suatu kondisi tertentu akan dapat dilepas kedalam bentuk petir, guntur, maupun kilat.

Secara Umum Awan Cumulonimbus terdiri dari jutaan tetes-tetes air pada bagian bawah awan dan juga tetes-tetes salju atau kristal-kristal es pada bagian atas yaitu pada ketinggian sekitar 10 km pada bagian atas Awan Cumulonimbus. Awan Cumulonimbus memiliki bagian updraft dan juga downdraft sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi pada Awan Cumulonimbus ini.

Gesekan antar partikel ion didalam Awan Cumulonimbus dapat menyebabkan timbulkanya muatan listrik, Sehingga awan cumulonimbus akan dapat mengakibatkan timbulnya sebuah kilat (lightining) dan juga guntur (thundestorm), hujan lebat, angin kencang, bahkan juga dapat menimbulkan hujan es.

Demikian juga menurut Para ahli cuaca menuturkan beberapa rincian pembentukan dari awan cumulunimbus, dari strukturnya dan cara kerjanya setelah melalui banyak macam penelitian, pengamatan para ahli yang menggunakan alat-alat canggih itu baru dapat menjabarkan pada sebatas proses tersebut dengan bantuan alat-alat moderen seperti pesawat, satelit, komputer, balon udara dan peralatan lainnya.  Baca juga pengertian Tata Surya Menurut Para Ahli Lengkap
 
Mereka harus mempelajari angin serta arah pergerakannya. Mereka harus mengukur kelembaban udara dan variasinya serta menentukan jenis dan keragaman tekanan udara. Awan kumulonimbus terbentuk dari awan kumulus (terutama dari kumulus kongestus) dan dapat terbentuk lagi menjadi supersel, sebuah badai petir besar dengan keunikan tersendiri.

Jenis-Jenis Awan Cumolonimbus

Jenis dari Awan Cumolonimbus sangatlah beragam, jenis Awan Cumolonimbus dapat dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung pada ukuran, ketinggian awan, kekuatan awan, dan juga letak Awan Cumolonimbus itu berada. Berikut ini beberapa jenis Awan Cumolonimbus.

Kumulonimbus arkus

Kumulonimbus kalvus

Kumulonimbus kapillatus

Kumulonimbus inkus

Kumulonimbus mammatus

Kumulonimbus pannus

Kumulonimbus pileus

Kumulonimbus praecipitatio


Kumulonimbus velum

Kumulonimbus virga


Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…