Rabu, 11 Januari 2017

Pengertian Lapisan Ozon dan Fungsinya

;
Pengertian Lapisan Ozon dan Fungsinya - Ozon merupakan suatu salah satu jenis gas yang terdapat di atmosfer secara alami, atau berada di lapisan atmosfer dengan sendirinya. Sehingga lapisan ozon diartikan sebagai salah satu lapisan yang mengandung banyak gas ozon. Ozon ini merupakan suatu gas yang mengandung unsur- unsur kimia. Unsur- unsur kimia yang berada di dalam lapisan ozon ini terdiri dari tiga macam jenisnya atau juga atom oksigen atau O3. Karena memiliki kandungan O3 dalam jumlah yang banyak inilah lapisan tersebut kemudian diberi nama sebagai lapisan ozon. Atom oksigen didalam Ozon mempunyai warna biru dan juga berbau kuat.

Pengertian Lapisan Ozon dan Fungsinya

Perbedaan antara oksigen yang berada di dalam lapisan ozon dengan oksigen yang biasa kita hirup sehari- hari terletak pada warna oksigen dan juga terletak pada baunya. Jika pada oksigen yang terdapat didalam lapisan ozon ini mempunyai warna biru dan mempunyai bau yang sangat menyengat, maka oksigen yang biasa kita hirup sehari- hari ini tidak mempunyai keduanya atau dapat dikatakan tidak berwarna dan tidak juga berbau. Dari masing- maisng sekitar 10 juta molekul udara, 2 jutanya adalah termasuk oksigen normal, dan yang merupakan ozon hanyalah 3 saja. Baca juga Susunan Tatasurya Beserta Gambarnya

Lapisan ozon terbentuk karena adanya pengaruh dari sinar ultraviolet yang dihasilkan dari bagian matahari terhadap molekul-molekul oksigen yang berada di dalam lapisan atmosfer. Sebenarnya peristiwa yang demikian ini terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, namun molekul- molekul nitrogen yang berada di atmosfer mampu menjaga konsentrasi ozon tersebut akan tetap stabil.

Fungsi Lapisan Ozon

Keberadaan dari lapisan ozon bukan semata-mata sebagai penghias atmosfer Bumi saja, namun keberadaan dari lapisan ozon ini tentulah membawa manfaat tertentu bagi Bumi. Keberadaan dari lapisan ozon yang ada di dalam atmosfer mempunyai fungsi yaitu sebagai pelindung dari bumi yang di akibatkan oleh gangguan yang berasal dari luar angkasa. Salah satu lapisan ozon yang berada di luar angkasa yang paling populer adalah untuk melindungi permukaan Bumi dari pancaran radiasi sinar ultraviolet matahari yang akan menyebabkan penyakit kanker. Sinar ultraviolet atau yang biasa disebut dengan UVB berasal dari matahari. Baca juga Lapisan Atmosfer beserta Fungsinya

Sedangkan jika lapisan ozon yang berada di dekat permukaan Bumi maka akan akan menyababkan ozon akan berubah menjadi sifat racun yang akan dapat merusak paru-paru manusia dan makhluk hidup lainnya yang menghirupnya. Maka dari itulah keberadaan dari lapisan ozon ini berada di dalam lapisan atmosfer Bumi yang fungsinya untuk melindungi Bumi dari berbagai gangguan yang membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup yang berada di Bumi serta kelestarian Bumi itu sendiri. Berikut ini merupakan fungsi dari lapisan ozon lebih lengkap.

Mengatur Pancaran Sinar Ultraviolet Yang Masuk Ke Permukaan Bumi

Sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi memiliki panjang gelombang dari mulai 280 mm sampai dengan 315 mm sebagian besar akan diserap oleh lapisan ozon, sehingga sinar ultraviolet yang sampai masuk permukaan Bumi jumlahnya akan sangat sedikit. Karena sinar ultraviolet yang masuk ke dalam bumi hanya sedikit inilah sinar ultraviolet tidak terlelu membawa efek buruk yang begitu signifikan bagi makhluk yang hidup yang ada di Bumi.

Menjaga kestabilan suhu di Bumi

Salah satu permasalahan global yang dialami oleh Bumi dan menjadi sorotan utama pada akhir- akhir ini adalah tentang pemanasan global (global warming). Pemanasan global bisanya diartikan sebagai kenaikan suhu udara rata- rata dari Bumi sehingga menyebabkan berbagai dampak yang sangat buruk. Salah satu dampak buruk dari pemanasan global adalah pencairan es yang berada di kutub yang berdampak meningkatnya volume air laut. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh lapisan ozon adalah menstabilkan suhu yang ada di Bumi, sehingga suhu panas di bumi tidak terrlalu panas. Stabilnya suhu yang ada di Bumi ini juga bisa mengurangi pemanasan global, sehingga berbagai dampak buruk dari pemanasan global tidak akan terjadi.

Melindungi Bumi dari benda- benda langit yang jatuh

Fungsi lapisan ozon adalah melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. Kita semua mungkin mengetahui bahwasannya di luar angkasa sana banyak sekali kita temukan benda-benda langit, seperti komet, asteroid dan lain sebagainya. Benda- benda langit tersebut sewaktu-waktu akan bergeser dari tempatnya atau bahkan sampai jatuh. Jatuhnya benda langit ini disebut sebagai meteor. Jatuhnya meteor tersebut hampir tidak akan dapat diketahui pasti arah jatuhnya, sehingga ada kemungkinan besar akan jatuh menuju ke Bumi. Baca selengkapnya Manfaat Atmosfer Bagi kehidupan

Ketika meteor tersebut jatuh menuju ke permukaan Bumi, maka meteor tersebut dipastikan akan melewati lapisan atmosfer Bumi. Ketika itulah meteor ini akan juga melewati lapisan ozon yang berada dilapisan atmosfer sehingga akan terbakar. Pembakaran yang dilakukan oleh lapisan atmosfer ini akan menimbulkan sebuah cahaya akibat dari adanya meteor yang terbakar, sehingga akan terlihat sebagai bintang jatuh. 

Pembakaran yang terjadi pada meteor akan menghanguskan sebagian dari meteor atau bahkan sampai hangus habis sehingga benda langit tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi. Apabila meteor tersebut tidak hangus dan langsung menuju ke permukaan Bumi, maka hal ini bisa menimbulkan Bahaya yang besar bagi Bumi dan isinya.

Itulah beberapa fungsi atau manfaat dari lapisan ozon ini ketika berada di lapisan atmosfer Bumi. Ditekankan lagi bahwasannya ketika gas ozon ini berada di dekat permukaan Bumi, maka gas ozon ini akan berubah menjadi gas yang beracun dan bisa mengganggu paru- paru manusia yang menghirup gas tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10.35.00

Related : Pengertian Lapisan Ozon dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar