Pengertian Matahari Bagian dan Lapisannya

Pengertian Matahari Bagian dan Lapisannya - Matahari merupakan sumber cahaya alami yang dari penerangan Bumi bahkan juga alam semesta ini. Selain sebagai sumber cahaya utama Matahari juga merupakan sebuah bintang yang paling besar dan paling dekat dengan Bumi. Matahari ini juga merupakan sebuah poros atau pusat dari sistem tata surya dan menjadi poros dari planet- planet yang ada di tata surya yang mengelilinginya. Matahari merupakan sebuah bintang yang paling besar yang ada di dalam tata surya. Matahari merupakan sebuah benda langit yang terbesar yang dapat memancarkan cahaya dengan sendirinya. Ukuran dari matahari jauh lebih besar dari pada Bumi, bahkan planet yang terbesar sekalipun. Ukuran diamater dari matahari adalah sekitar 1.400.000 km, dan ukuran ini lebih besar sekitar 109 kali dari diameter Bumi.

Pengertian Matahari Bagian dan Lapisannya

Matahari berbentuk bulat menyerupai bola, matahari merupakan sebuah bola gas yang berpijar atau bersinar mempunyai ukuran sangat besar. Berpijarnya matahari disebabkan karena adanya reaksi fusi yang terjadi pada bagian inti matahari. Pijaran matahari ini bukan hanya bersinar saja, namun juga mempunyai suhu yang sangat tinggi sekali. Baca juga Teori Bintang Kembar dan Penjelasannya

Oleh karena itu tenaga panas matahari banyak di gunakan dalam berbagai kegiatan yang ada di muka Bumi sebagai penunjang kehidupan di Bumi baik itu secara alamiah maupun juga secara butan atau pemanfaatan oleh manusia. Sinar matahari ini juga merupakan sumber energi yang paling besar yang dimiliki Bumi. Tanpa adanya sinar matahari kehidupan di muka Bumi tidak akan ada, karena makhluk hidup di Bumi sangatlah membutuhkan sinar matahari.

Seperti pada tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari yang digunakan sebagai salah satu penunjang pembuatan makananya atau juga dalam proses potosintesis. Matahari merupakan sbuah bintang yang posisinya sanagat sentral terhadap Bumi dan planet lainnya. Matahari juga terbentuk dari beberapa lapisan, seperti halnya bumi dan juga planet-planet yang lainnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai lapisan-lapisan matahari. Baca juga Pengertian Tata Surya Menurut Para Ahli

Lapisan-lapisan Matahari

Matahari yang notabenya sebagai pusat tata surya mempunyai lapisan- lapisan sebagi penyusunnya. Lapisan-lapisan yang menyelimuti matahari terdiri dari beberapa tingkatan lapisan. Setidaknya ada 4 lapisan matahari yang melapisinya yang harus anda ketahui bersama. Berikut ini merupakan lapisan-lapisa yang dimiliki oleh matahari.

Lapisan Inti Matahari

Lapisan yang pertama dari lapisan matahari adalah merupakan lapisan inti matahari. Inti matahari ini merupakan bagian terdalam dari matahari. Sehingga dapat diketahui bahwa bagian inti inilah yang mempunyai suhu yang paling tinggi diantara semua lapisan. Lapisan inti dari matahari ini mempunyai suhu sekitar 15.000.000 kelvin.

Karena memiliki suhu yang sangat tinggi maka pada lapisan inilah reaksi fusi itu terjadi. Reaksi fusi terjadi karena dalam inti matahari terdapat muatan-muatan atom proton atau juga atom yang memiliki muatan positif, selanjutnya memiliki atom elektron atau atom yang memiliki muatan negatif, dan juga atom neutron atau sebuah atom yang memiliki sifat muatan yang netral. Baca artikel lain mengenai Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya

Lapisan Fotosfer

Lapisan yang selanjutnya yang terdapat pada matahari yang juga merupakan lapisan terluar dari matahari adalah fotosfer. Fotosfer juga biasanya disebut dengan lapisan cahaya. Fotorser merupakan bagian dari permukaan matahari yang mempunyai ketebalan sekitar 350 km dengan batas-batas antara lapisan yang lain tidak jelas.

Fotosfer ini menyerupai piringan yang memiliki warna emas dengan Suhu sekitar 5.700 drajat Kelvin. Selain cahaya yang dapat dilihat oleh mata, pada lapisan ini juga gelombang-gelombang cahaya yang lain diproduksi, seperti sinar inframerah dan juga sinar ultraviolet.

Lapisan Kromosfer

Lapisan selanjutnya dari lapisan matahari adalah lapisan kromosfer. Lapisan kromosfer sering juga disebut sebagai atmosfernya matahari dan lapisan kromosfer ini merupakan bagian paling bawah dari atmosfernya matahari. Lapisan kromosfer ini lebih tebal daripada lapisan fotosfer, yaitu memiliki ketebalan sekitar 16.000 km. Suhu yang terdapat pada lapisan kromosfer ini rata-rata memuat sekitar 6.000 sampai 20.000 kelvin. Semakin dekat lapisan ini dengan lapisan fotosfer maka akan semaki panas. Baca juga Susunan Tata Surya dan Penjelasannya

Korona

Lapisan korona merupakan salah satu lapisan matahari yang paling luar. Lapisan korona juga merupakan lapisan atmosfer dari matahari yang paling luar. Korona ini merupakan lapisan yang berupa gas yang sangat sedikit atau sangat tipis. Karena terbetuk dari gas yang tipis, maka bentuk dari korona dapat beruah-ubah setiap waktunya. Lapisan korona seringkali terlihat sebagai mahkota yang berwarna putih cemerlang yang mengelilingi matahari. Suhu yang terdapat peda Lapisan korona ini memiliki tingkatan suhu sekitar 1.000.000 kelvin.

Matahari merupakan sebuah bintang yang paling besar yang ada di dalam tata surya. Matahari merupakan sebuah benda langit yang terbesar yang dapat memancarkan cahaya dengan sendirinya. Ukuran dari matahari jauh lebih besar dari pada Bumi, bahkan planet yang terbesar sekalipun. Ukuran diamater dari matahari adalah sekitar 1.400.000 km, dan ukuran ini lebih besar sekitar 109 kali dari diameter Bumi.
Pengertian Matahari Bagian dan Lapisannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syahrul Fauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar