Senin, 02 Januari 2017

Pengertian Tanah Aluvial

;
Pengertian Tanah Aluvial - Tanah adalah salah satu unsur atau bagian dari bumi yang terdapat pada lapisan kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan-bahan organik lainnya. Tanah merupakan salah satu unsur yang membantu proses kehidupan semua mahluk hidup yang ada di muka bumi ini. Adanya Tanah sangat mendukung terhadap kehidupan tanaman-tanaman yang menyediakan umsur hara dan air di muka bumi. Tanah juga merupakan tempat tinggal dan hidupnya berbagai mikroorganisme yang ada di bumi dan juga merupakan sebuah tempat berpijak bagi sebagian mahluk hidup yang ada di darat, salah satu dari jenis tanah adalah Tanah Aluvial yang akan di bahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Tanah Aluvial

Melihat Dari segi klimatologi, tanah memegang peranan yang sangat penting sebagai media penyimpan air dan mencegah terjadinya erosi. Meskipun tanah itu sendiri juga bisa mengalami erosi. Definisi yang lainnya dari Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh dan tempat berkembangnya akar-akar penopang tegaknya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan udara. baca juga Pengertian Tanah dan Jenisnya

Secara kimiawi tanah berfungsi sebagai gudang penyimpanan dan penyuplai unsur hara atau nutrisi yaitu berbagai senyawa organik dan senyawa anorganik sederhana dan juga unsur-unsur esensial seperti N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl. Secara biologi tanah berfungsi sebagai habitat dari organisme yang berpartisipasi aktif dalam tersedianya berbagai unsur hara yang ada di dalam tanah tersebut, dan zat-zat adiktif sebagai pemacu pertumbuhan dan proteksi bagi tanaman. 

Tanah Aluvial merupakan sebuah tanah yang dihasilkan dari sebuah endapan, tanah aluvial biasanya terbentuk dari lumpur dan pasir halus yang mengalami erosi tanah akibat air atau ombak. Tanah Aluvial biasanya Banyak terdapat pada daerah dataran rendah yaitu di sekitar daerah muara sungai, daerah rawa-rawa, daerah lembah-lembah, dan juga di tepian aliran sungai besar. Ciri dari Tanah Aluvial biasanya berwarna kelabu dengan struktur yang sedikit berlepas-lepas dan peka terhadap erosi. Kadar Kesuburan Tanah Aluvial yaitu sedang namun ada juga yang tinggi tergantung dari bagian induk dan iklim di sekitar tanah tersebut.

Sifat dari Tanah Aluvial

Sifat dari tanah Alluvial sangatlah beragam namun kebanyakan sifatnya diturunkan dari bahan-bahan yang diangkut dan diendapkan bersamaan dengan tanah Aluvial tersebut. Teksturnya dari tanah Aluvial berkaitan dengan laju dari air yaitu mendepositkan Alluvium. Sehingga tanah Aluvial cenderung bertekstur sedikit kasar pada tanah yang lebih dekat dengan aliran air dan bertekstur lebih halus di daerah yang lebih jauh yaitu pada pinggiran luar paparan aliran air. Baca lebih lengkap Struktur tanah Beserta kandungannya

Kandungan Tanah Aluvial

Kadar fosfor yang berada didalam tanah Alluvial ditentukan dari banyak atau sedikitnya cadangan mineral yang megandung fosfor dan tingkat pelapukannya. Permasalahan fosfor ini meliputi beberapa hal, yaitu peredaran fosfor di dalam tanah, bentuk-bentuk fosfor tanah, dan ketersediaan fosfor. Tingkat kesuburan tanah alluvial sangat tergantung juga dengan bahan induk dan iklimnya.

Persebaran jenis tanah alluvial terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sungai-sungai besar seperti di pulau Jawa, Sumatra, Halmahera, Kalimatan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi dan Papua bagian selatan (Sungai Bengawan Solo, Sungai Opak, Sungai Glagah)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 05.11.00

Related : Pengertian Tanah Aluvial

0 komentar:

Posting Komentar