Monday, January 2, 2017

Pengertian Tanah Humus

Pengertian Tanah Humus - Tanah Humus merupakan salah satu jenis tanah yang ada didunia, tanah humus biasanya adalah tanah yang dikenal sebagai tanah yang paling subur diantara jenis tanah yang lainnya. Tanah humus ini adalah tanah yang dikenal sebagai tanah yang sangat gembur dan juga paling banyak digunakan oleh manusia sebagai tanah pertanian. Tanah humus ini merupakan jenis tanah yang paling subur diantara jenis tanah yanglain yaitu untuk tempat tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan karena memiliki komposisi yang mirip seperti pupuk kompos. 

pengertian tanah humus

Penyebab tanah humus sangat subur yaitu disebabkan karena tanah humus terbentuk dari pelapukan- pelapukan dari dedaunan yang berguguran dan juga batang pohon yang sudah mati dan membusuk, serta dengan adanya percampuran dari berbagai kotoran hewan. Humus juga dikenal sebagai sisa- sisa dari tumbuhan dan juga hewan- hewan yang mengalami perombakan oleh organisme yang ada di dalam lapisan tanah. Baca lebih lengkap Pengertian Tanah dan jenisnya

Tanah humus biasa di temukan di berbagai daerah, khususnya pada daerah yang mempunyai banyak pepohonan, yitu seperti di hutan hujan tropis. Secara kimiawi tanah humus sendiri dapat didefinisikan sebagai tanah yang memiliki satu kompleks organik makromolekular yang banyak mengandung zat- zat didalamnya seperti fenol, asam karboksilat, hidroksida serta alifatik.

Ciri- ciri atau Karakteristik Tanah Humus

Untuk mengetahui jenis dari suatu tanah anda dapat melihatnya dari beberapa ciri atau karakteristik tanah tersebut. Ciri- ciri atau karakteristik dari tanah humus adalah sebagai berikut:

Warna Tanah

Tanah Humus memiliki warna yang cukup gelap, yaitu coklat dan juga kehitam-hitaman. Selain mempunyai warna gelap, tanah humus juga terdapat bintik- bintik yang berwarna putih.

Tekstur Tanah

Tekstur dari Tanah Humus Memiliki tekstur yang sangat gembur. Tanah humus memiliki tekstur yang sangat gembur dan tidak keras seperti tanah liat ataupun tanah yang lainnya.

Bagian-bagian Tanah

Tanah Humus Biasanya terdapat lapisan bagian atas tanah, sehingga bersifat tidak stabil. Sifat tidak stabil ini terutama terlihat ketika ada perubahan suhu, tingkat kelembaban, ataupun aerasi.

Sifat Tanah

Tanah humus bersifat kolodial dan amorfous. Sifat kolodial dan armofous ini memiliki artian bahwa tanah humus bersifat menyerupai tanah liat, namun sifat daya serapnya lebih tinggi dari pada tanah liat. Tanah Humus juga bersifat sangat subur. Penyebab Kesuburan Tanah Humus yaitu disebabkan dari pembentukannya yang terbentuk dari pelapukan dedaunan dan juga dari tumbuhan yang mati sehingga bercampur dengan kotoran hewan dan semacamnya.

Daya Serap Tanah

Tanah Humus mempunyai daya serap yang sangat tinggi. tanah humus ini mempunyai kemampuan daya serap yang tinggi dalam hal menyerap air, dan hal ini merupakan sifat yang baik bagi pertumbuhan tanaman.

Kandungan Tanah

Kandungan dari Tanah Humus yaitu berbagai unsur hara seperti magnesium, kalsium, dan kalium.Baca lebih lengkap Struktur Kandungan Tanah Lengkap

Keberadaan Tanah

Tanah Humus biasanya banyak dijumpai di berbagai daerah tropis. Seperti di Indonesia. Terutama wilayah yang paling sering didapati tanah humus adalah wilayah jenis curah hujan yang tinggi seperti hujan tropis dimana banyak ditemukan pepohonan disana.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dari Tanah Humus dan juga beberapa ciri atau karekteristik dari tanah humus. Semoga dengan adanya artikel ini anda dapat membedakan antara tanah humus dengan jenis tanah yang lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:29:00 AM

Related : Pengertian Tanah Humus

0 komentar: