Pengertian Tanah Laterit

Pengertian Tanah Laterit - Keberadaan tanah memang dapat ditemui dimana saja, Karena kerak Bumi terdiri dari daratan dan perairan saja. Dan daratan sendiri Lebih dominan berupa tanah. Sehingga karena itulah sangat wajar apabila tanah yang ada di Bumi ini berbeda- beda. Perbedaan daari tanah yang ada di setiap daerah ini disebabkan karena banyak macam faktor. Adapun salah satu dari jenis tanah yang ada di muka bumi ini adalah tanah Laterit. Untuk itu dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Pengertian dari Tanah Laterit

Pengertian Tanah Laterit

Pengertian Tanah Laterit

Tanah laterit biasanya dikenal juga sebagai tanah merah. Tanah laterit atau tanah merah biasanya terdapat pada daerah yang agak lembab, dingin, dan mungkin juga genangan-genangan air. Pengertian lebih lengkapnya yaitu adalah Sebuah tanah yang mempunyai profil tanah yang dalam, tanah ini juga mudah menyerap air, tanah laterit memiliki kandungan bahan organik yang sedang dan juga memiliki pH atau tingkat keasaman yang netral. Baca Lebih lengkap Pengertian Tanah Lengkap

Karakteristik Tanah Laterit

Karakteristik dari Tanah Laterit haruslah anda ketahui sehingga anda dapat membedakan jenis dari tanah laterit dengan jenis tanah yang lainnya. Berikut ini adalah ciri atau karakteristik dari tanah laterit.

Umur Tanah

Tanah laterit ini merupakan jenis tanah yang sudah berumur cukup tua atau sudah sangat lama sekali. Tanah Laterit Dikatakan berumur sangat tua karena tanah merupakan elemen yang ada di Bumi dan merupakan elemen yang bisa dihitung menggunakan umur. Tanah yang sudah tua bisa melebur menjadi tanah dengan jenis yang berlainan.

Kesuburan Tanah

Kesuburan Tanah laterit sangatlah kurang karena itu tanah laterit tidak banyak digunakan sebagai lahan pertanian maupun perkebunan. Namun keberadaan tanah ini bukan berarti tidak bisa ditumbuhi oleh jenis tumbuh- tumbuhan apapun, melainkan hanya dapat ditumbuhi oleh beberapa jenis tumbuhan seperti perkembuna dan palawija saja (kelapa sawit, jagung, cengkeh, coklat, dan lainnya). Baca juga Kandungan Berbagai Tanah

Kandungan Tanah

Kandungan dari Tanah laterit yaitu memiliki kandungan bahan organik yang sedang. Kandungan Bahan organik sangatlah diperlukan untuk membuat tanaman menjadi subur. Adapun perbedaannya adalah terletak pada jumlah bahan organik yang tersedia di tanah tersebut.

Tingkat pH Tanah

Selain dari kandungan bahan organik yang terdapat di dalam tanah ciri dari tanah laterit yang lain adalah melalui tingkat keasaman atau pH dari tanah. Tingkat keasaman atau pH yang terdapat pada Tanah laterit memupunyi keasaman atau pH yang netral, sehingga tidak terlalu asam.

Keberadaan Tanah

Ciri lain dari tanah Laterit yaitu dari Keberadaan tanah, Keberadaan tanah laterit yaitu terdapat pada lingkungan yang mempunyai cuaca lembab, dingin atau pada genangan- genangan air.

Sifat Tanah

Karakteristik dari tanah laterit yang selanjutnya adalah memiliki sifat yang mudah menyerap air.

Tekstur Tanah

Tanah laterit merupakan jenis tanah yang mempunyai tekstur yang padat dan juga kokoh. Jenis tanah antara satu dan lainnya memiliki sifat tekstur yang berbeda- beda. Oleh karena tekstur tanah laterit ini padat dan kokoh, tanah ini sangat cocok untuk mendirikan suatu bangunan. Bangunan yang dibangun di atas tanah seperti ini mampu berdiri dengan kuat dan juga kokoh.
Pengertian Tanah Laterit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syahrul Fauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar