Monday, January 2, 2017

Pengertian Tanah Vulkanik

Pengertian Tanah Vulkanik - Tanah adalah salah satu unsur atau bagian dari bumi yang terdapat pada lapisan kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan-bahan organik lainnya. Tanah merupakan salah satu unsur yang membantu proses kehidupan semua mahluk hidup di muka bumi ini. Adanya Tanah sangat mendukung terhadap kehidupan tanaman-tanaman yang menyediakan umsur hara dan air di muka bumi. Tanah juga merupakan tempat tinggal dan hidupnya berbagai mikroorganisme yang ada di bumi dan juga merupakan sebuah tempat berpijak bagi sebagian mahluk hidup yang ada di darat.

Pengertian Tanah Vulkanik

Melihat Dari segi klimatologi, tanah memegang peranan yang sangat penting sebagai media penyimpan air dan mencegah terjadinya erosi. Definisi lain dari Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang berfungsi sebagai tempat tumbuh dan tempat berkembangnya akar-akar penopang tegaknya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan udara. baca juga Pengertian Tanah dan Jenisnya

Secara kimiawi tanah berfungsi sebagai gudang penyimpanan dan penyuplai unsur hara dan nutrisi yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik sederhana dan juga unsur-unsur esensial seperti Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl, N, P, K, Ca, Mg, S,. 

Secara biologi tanah berfungsi sebagai habitat dari organisme yang berpartisipasi aktif dalam menyediakan unsur hara yang ada di dalam tanah tersebut, dan zat-zat adiktif sebagai pemacu pertumbuhan dan proteksi bagi tanaman. salah satu dari jenis tanah adalah tanah nah vulkanik, tanah ini biasa juga disebut dengan tanah andosol untuk pengertian lebih lengkapnya tentang tanah vulkanaik akan di jelaskan pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Tanah Vulkanik

Tanah Vulkanik atau juga biasa disebut dengan tanah andosol merupakan salah satu dari berbagai jenis tanah yang ada di dunia.

Tanah Vulkanik adalah tanah dengan bahan indukn berupa abu vulkanik yang berasal dari gunung berapi. Salah satu ciri yeng membedakan tanah vulkanik dengan tanah yang lain adalah asal-muasal dari tanah vulkanik berasal dari gunung vulkanik dan memiliki warna hitam kelam. Tanah vulkanik sangat cocok dijadikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Baca juga Pengertian Gempa Tektonik Lengkap

Tanah vulkanik merupakan tanah yang terbentuk dari berbagai material-material letusan gunung api. Material tersebut lama kelamaan kemuadian mengalami pelapukan sehingga menjadi tanah yang sangat kaya dengan unsur haranya. Tanah ini bisa banyak dijumpai pada wilayah-wilayah sekitar lereng gunung berapi.

Lapisan tanah vulkanik gembur serta berwarna hitam. Yaitu Pada lapisan subsoil mempunyai warna kecoklatan dan terasa licin apabila ketika di gosok di antara jari-jari. Bulk densitnya sangatlah rendah (<0,85). Daya tahan air sangat tinggi dan perkembangan struktur tanah baik. Dari itulah dapat kita dlihat bahwa pada kawasan lereng-lereng gunung yang pernah terjadi letusan gunung api, lahan pertaniannya sangatlah subur.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:53:00 AM

Related : Pengertian Tanah Vulkanik

0 komentar:

Post a Comment