Monday, January 2, 2017

Pengertian Tata Surya Menurut Para Ahli

Pengertian Tata Surya Menurut Para Ahli – Tata Surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut dengan matahari dan semua benda didalamnya terikat oleh gravitasi. Benda-benda tersebut termasuk juga delapan planet yang sudah diketahui yaitu mengorbit elips, lima planet kerdil / katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda-benda langit seperti meteor, asteroid, komet dan lain lainnya.

pengertian tata surya menurut para ahli

Asal Usul Tata Surya

Banyak sekali para hipotesis tentang asal usul tata surya telah diusulkan oleh para ahli dibidangnya, beberapa di antaranya adalah.

Hipotesis Nebula

Nebula Hipotesis dikemukakan oleh Emanuel Swedenborg pada tahun 1688-1772 pada 1734 dan selanjutnya disempurnakan oleh Immanuel Kant pada tahun 1724-1804 di 1775. Sebuah hipotesis serupa dikembangkan oleh Pierre Marquis de Laplace secara independen pada tahun 1796. Yang isinya memuat bagaimana Gaya gravitasi yang menyebabkan kabut itu menyusut dan kemudian berputar dalam arah tertentu, suhu kabut yang semakin lama semakin memanas, dan akhirnya menjadi bintang sebuah raksasa yang sekarang disebut dengan matahari. Baca lebih lengkap Teori Nebula dan Penjelasannya Lengkap

Hipotesis planetisimal

Hipotesis planetisimal dikemukakan oleh Thomas C. Chamberlin dan Forest R. Moulton pada tahun 1900. Isi dari Hipotesis planetisimal yaitu mengatakan bahwa sistem tata surya kita awalmulanya terbentuk sebagai hasil dari bintang lain yang melewat cukup dekat dengan Matahari, pada awal pembentukan matahari.

Hipotesis pasang surut

Hipotesis pasang surut dikemukakan oleh James Jeans pada tahun 1917. Planet dianggap terbentuk oleh pendekatan bintang lain ke matahari.

Kondensasi hipotesis

Kondensasi hipotesis dikemukakan oleh astronom yang berasal dari Belanda yang bernama GP Kuiper pada sekitar tahun 1905-1973 dan juga pada tahun 1950. The kondensasi hipotesis isinya menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa yang berputar membentuk cakram raksasa.

Hipotesis Twin Star

Twin bintang hipotesis dikemukakan oleh Fred Hoyle sekitar tahun 1915-2001 dan pada tahun 1956. Hipotesis menunjukkan bahwa sistem tata surya kita berupa dua buah bintang yang berukuran sama besar dan berdekatan namun salah satu dari bintang tersebut mengalami peledakan sehingga meninggalkan fragmen kecil. Baca lebih lengkap Teori Bintang kembar beserta Penjelasannya

Hipotesis protoplanet

Teori ini diekemukakan oleh Carl Van Weizsaecker, GP Kuipper dan juga Subrahmanyan Chandarasekar. Teori protoplanet, mengelilingi matahari adalah sebuah awan gas yang membentuk gumpalan yang sangat evolusioner secara bertahap gumpalan tersebut kemudian menjadi gumpalan-gumpalan padat dan mengeras membentuk beberapa planet dan benda-benda langit lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:06:00 PM

Related : Pengertian Tata Surya Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment