Monday, January 16, 2017

Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Sejarah Candi Borobudur Lengkap  – Candi yang sangat terkenal bahkan sampai ke seluruh Dunia, juga banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang mengincar untuk berwisata ke tempat ini yang ada di Indonesia kita tercinta ini, apa lagi kalau bukan Warisan Budaya Indonesia yang sangat penomental dengan sejuta kecantikan dari arsitektur yang telah di sajikan, yaitu Candi Borobudur. Begitu ingin jika kita sebagai warga Negara yang baik haruslah mencintai sejarah candi Borobudur ini, dan menjaga kelestariannya.


sejarah lengkap tentang candi borobudur
gambar candi borobudur dengan arsitektur yang indah

Candi Yang mana ini merupakan salah satu warisan budaya dunia yang telah di tetapkan oleh UNESCO. Dari bentuknya yang indah dan juga karya nya yang sangat megah membuat ini menjadi unik dan membuat semua orang ingin mengunjungi candi ini, yang konon memang banyak sejarah mengatakan bahwa banyak kisah cerita rakyat yang ada pada sejarah candi ini dan juga terdapat kisah nyata di balik sejarah candi Borobudur ini, maka dari itu saya yang akan membahas masalah artikel sejarah tentang candi Borobudur ini dengan lengkap dan juga mendetil.

Baca Selengkapnya: Sejarah Kerajaan Borobudur Lengkap

Dan katanya, Borobudur pun berhasil mencuri perhatian dunia dari apa yang HC CORNELIUS ini kemukakan pada lokasinya yang telah di perintahkan oleh Sir Thomas padatahun ke 1814. Pekerjaan yang menggali lokasi yang memang di duga salah satu monument besar ini kemudian akhirnya di lanjutkan oleh salah satu pejabat yang ada dari belanda saat itu. Dan para arkeolog pun banyak yang berlomba untuk mencari tahu bagaimana dan juga apa sebenarnya asal usul dari candi budha terbesar di Dunia ini.

Asal muasal Candi Borobudur

Candi peninggalan dari Kerajaan Dinasti Sailendra ini merupakan masa pemerintahan raja Samaratungga dari kerajaan mataram kuno, dan candi ini di namakan dengan candi Borobudur. Dibangun tepatnya pada abad yang ke 8, banyak sekali misteri yang ada pada candi ini yang belum terkuat seluk beluknya itu. Bahkan dari namanya pun tidak ada yang mengetahui mengapa itu dinamakan dengan Borobudur, dan juga tidak ada bukti yang kuat seperti prasasti ataupun peninggalan sejenisnya dari masa kerajaan yang mendirikan candi besar ini.

Makna dari nama Borobudur

Nama candi Borobudur ini sangatlah mengundang kontroversial, dimana banyak sekali yang berpendapat tentang asal muasal disebutkannnya candi ini dengan nama candi Borobudur, berikut rinciannya beberapa pakar ahli sejarah yang berpendapat akan makna sejarah dari nama Borobudur untuk candi ini:

  1. Ada yang berpendapat bahwa nama tersebut asalnya dari nama samara budhara yang artiny aadalah gunung yang lerengnya terletak teras.
  2. Ada juga yang mengeluarkan opini seperti ini, bahwa kata Borobudur itu dari ucapan para budha yang mengalami suatu pergeseran.
  3. Satu satu nya tulisan yang menyebutkan bahwa Borobudur ini adah Thomas sir Thomas Stamford raffles, yang di tulis dalam buku miliknya yang judulnya adalah sejarah pulau jawa.
  4. Thomar Stamford pun berpendapat bahwa ia mengatakan Borobudur itu asal kata dari bore dan  juga budur, jika di artikan maka bore artinya ialah desa yang letaknya di lokasi tempat dimana candi Borobudur di temukan, sedangkaan arti dari budur itu adalah purba.

Dibuatnya candi Borobudur ini para ahli sejarah memperkirakan sekitar tahun 750 masehi, dan didirikan oleh kerajaan Syailendra yang saat itu menganut agama budha juga pembangunan candi itu pun sangatlah misterius, karena jika pada abad yang ke 7 ini belum mengenal apa itu arsitektur dan juga yang tertinggi tapi Borobudur ini di bangun dan juga diperhitungkan oleh seorang arsitektur yang sangat canggih sampai sampai tidak ada seorang pun yang mampu mengatakan bagaimana tempat yang bersejarah ini berada di tengah tengah negara Kita.
Dari sekian banyak candi yang ada, maka dari seluruh dunia pun tidak ada yang dapat menguak bagaimana misteri pembangunan Borobudur, dan salah satu yang selalu membuat para peneliti ini penasaran iaalah dari mana asalnya batu batuan yang besar utnuk pembuatan candi itu, dan jika kita menyusunnya dengan rapi, maka akan terlihat dari manakah batu itu berasal. Dan asal dari batu tersebut ialah dari sebuah gunung marapi, namun bagaiman amembawanya dari gunung merapi sampai ke lokasi candi yang sangat beda dengan lokas yang berada di atas bukit.

Candi Borobudur ini telah punya stupa yang bentuknya lonceng ajaib, lalu stupa yang terbesa ini ada di puncak candi yang lainnya mengelilingi candi ini sampai ke bawah. Dan saat ilmuan menggambar denah candi maka mereka menemukan sebuaah pola yang sangat aneh yan gmengarah pada fungsi dari Borobudur sekitar sejam lalu. Namun, belum di ketahui bagaimanakan pembagaian waktu yang telah dilakukan dengan baik dari candi Borobudur ini.

Maka dari itu teruslah kita lestarikan sejarah dan kita selamatkan bumi kita dari sejarah yang salah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:26:00 AM
Tags :

Related : Sejarah Candi Borobudur Lengkap

0 komentar:

Post a Comment