Sejarah Kemerdekaan Indonesia Lengkap

Sejarah Kemerdekaan Indonesia LengkapKemerdekaan bukanlah hal yang mudah, bukan hal yang gampang, bahkan bukan juga hal yang mudah di pertahankan, namun siapa sangka bangsa kita yang hampir kurang lebih ada dalam masa penjajahan selama 350 tahun, dapat merasakan kemerdekaan bangsa yang di rasakan sampai sekarang ini. Dimana prisitiwa itu pun selalu kita abadikan dalam catatan sejarah juga dalam sebuah upacara Nasional pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Guna untuk mengenang peristiwa kegembiraan yang tak terhingga saat itu. Dan disinilah kita juga harus cinta akan sejarah dan harus cinta akan kemerdekaan bangsa kita ini. Bagi anda yang masih saja belum tahu bagaimana kisah sejarah dibalik kemerdekaan Indonesia ini, maka silahkan teruslah menyimak.

sejarah lengkap tentang kemerdekaan republik indonesia
Gambar Ir. Soekarno dan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Tanggal yang merupakan tanggal paling istimwa itu telah mencatat para pejuang bangsa kita republic Indonesia yang telah berdiri dari mulai hari itu. Dan republic Indonesia pun akhirnya dapat mengumandangkan suara kemerdekaannya. Sosok sang proklamator yang ada saat itu dan membacakan teks proklamasi tersebut ialah Soekarno dan juga Moch.

Hatta. Dan sebelum menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia ini, banyak sekali peristiwa dan juga kejadian yang mewarnai jalan nya latar belakang dari kemerdekaan yang terjadi ini. 

Latar Belakang Kemerdekaan Indonesia

Pada tanggal 06 agustus tahun 1945, telah terjadi ledakan bom yang telah di jatuhkan atas kota Hiroshima jepang oleh Amerika Serikat, yang mulai menurunkan moral dan juga semangat tentara jepang di seluruh dunia dan juga wilayah yang mereka jajah. Lalu satu hari setelah kejadian itu terjadi, maka BPUPKI (badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia) telah berganti nama organisasi menjadi PPKI (panitia persiapan kemerdekaan Indonesia). 

Ini di tujukan agar bisa mempertegas akan tujuan untuk mencapai sebuah kemerdekaan yang abadi di Bangsa Kita ini. Dan pada saat bom atom yang kedua telah diluncurkan tepatnya pada tanggal 09 agustus tahun 1945, maka inipun membuat kota Nagasaki menyerah kepada amerika serikat dan juga para sekutunya, momen ini pun sangatlah di manfaatkan di Indonesia ini untuk bisa memproklamasikan kemerdekaan republic Indonesia.

Peristiwa Rengasdengklok

Sultan syahrir telah mendengar itu lewat radio, dan beliau juga telah melaksankan ulah maehan mah, pai yang membuat para pejuang Indonesia itu bangkit kembali dan mempersiapkan sarana untuk melaksanakan pembacaaan teks proklamasinya. Setelah kembalinya soekarno dari dalat, maka sultan syahriri telah mendesakku datang ke sini, yaitu untuk melakukan kemerdekaan persiapan nya. 

Pada tanggal 15 agustus tahun 1945 jepang benar benar nyerah banget sama sekutu. Dan pada dini hari sekali tentang peristiwa rengasdengklok, tanggal 16 agustus tahun 1945 maka para pemuuda pun membawa soekarno dan juga istri anaknya dan hatta pun masuk ke rengasdengklok agar soekarno dan hatta tidak lah terpengaruh oleh jepang.

Karena saat itu di Jakarta pun Wikana dan juga Mr. Ahmad Soebarjo menyetujui untuk segera memperoklamasikan kemerdekaan Indonesianya. Maka, dikirimkanlah utusan ke jakarta yang namanya Yusuf Kunto untuk menjemput presiden kita beserta keluarganya dan juga hatta kembali ke jakarta dan di bawa ke rumahnya Nishimura lalu di bawa lagi ke rumah Laksamana Maeda. Untuk membuatkan suatu konsep kemerdekaan.


Akhirnya, dengan sesingkat singkatnya teks proklamasi pun akhirnya di susun pada dini hari yang diketik oleh yang bernama Sayuti Melik, lalu pada pagi hari tanggal 17 agustus tahun 1945 yang ada di kediaman soekarno itu dibacakanlah teks proklamasi tersebut pada pukul 10:00 WIB. Dan di kibarkannya sang saka Merah Putih yang sengaja di jahit oleh istri bapak Soekarno, yaitu Ibu Fatmawati, dan telah langsung mendapat sambutan yang amat menggembirakan untuk seluruh masyarakan dan rakyat di Indonesia ini.

Dan pada tanggal 18 agustus tahun 1945 , PPKI pun akhirnya memutuskan untuk mengesahkan UUD tahun 1945 yang terbentuk dari NKRI, lalu terpilihnya Soekarno dan Hatta untuk menjadi Presiden dan juga wakil presiden Republik Indonesia ini.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Desuci Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar