Monday, January 9, 2017

Sejarah Kepramukaan Indonesia Lengkap

Sejarah Kepramukaan Indonesia Lengkap – Di Indonesia, Pramuka merupakan salah satu dari segi Pendidikan Nasional yang sangat penting, karena Pramuka ini pun menjadi salah satu dari bagian Sejarah Perjuangan yang di alami oleh bangsa Indonesia ini. Dan untuk itu maka sangatlah penting sekali untuk kit ajika kita sudah tahu pramuka maka harus tahu akan sejarah Kepramukaan yang menjadi prioritas di Sekolah yang ada di Indonesia ini.

Awal dari gagasan yang sangat lah cemerlang, yaitu sosok Bapak Pramuka Sedunia ini yaitu, Boden Powell yang mulai menyebar ke segala penjuru dunia, di sana juga awalnya tidak tiba-tiba masuk ke Indonesia, namun karena dari penjuru dunia itu salahsatunya Negara Belanda yang menjadi salah satu penganut Pramuka, maka saat Negara kita di jajah oleh sekutu, dari sanalah sekutu pun telah membawa budaya Pramuka it uke dalam salah satu Budaya kita di Indonesia.

sejarah kepramukaan di Indonesia dan di Dunia
Gambar Satuan Pandu Pramuka

Kemudian setelah sekian lama menetap di Negara kita tercinta ini, maka di bentuklah oleh Belanda sebuah Organisasi Pramuka yang besar dimana di dalamnya di namakan dengan organisasi NIPV yang artinya persatuan pandu – pandu hindia belanda. Ini pun telah di pimpin oleh organisasi dari gerakaan Nasional yang bertujuan untuk membuat manusia yang lebih baik dan juga mandiri di Indonesia ini. Dan dari sanalah muncul cabag cabang dari Organisasi itu, yang menjadi plopor juga untuk pergerakannya, salah satu dari organisasi tersebtu yaitu sebagai berikut:

1.JPO (javaanse padvinders organizatie)
2.JJP (jong java padvinderv), lalu
3.NATIPIJ (nationale islamitsche padvindery), dan
4.SIAP (sarekat islam afdeling padvindery)
5.HW (hisbul wathon)

Namun, karena adanya larangan dari pemerintah Hindia dan juga Belanda untuk menggunakan kata istilah Padvindery, maka dari itu  K. H. Agus Salim pun menggunakan istilah pandu ataupun kepanduan.  Dengan sangat besar peningkatan dari kesadaran Nasional setelah adanya Sumpah Pemuda pada tahun 1930 masehi, Organisasi Kepanduan yang salahsatunya PK (panduan kesultanan) ataupun IPO, PPS (panduan pemuda sumatera) kemudian bergabunglah menjadi nama organisasi KBI (kepanduan bangsa Indonesia.

Dan tidak lama pada tahun 1931 telah di bentuk juga PAPI yang artinya persatuan antar pandu Indonesia, yang kebudian di ubah menjadi BPPKI dengan singkatan (badan pusat persaudaraan kepanduan Indonesia). Dan lebih berkembangan lagi pada tahun ke 1938 masehi, yang mana saat itu waktu Pendudukan Jepang melarang Indonesia menggunakan istilah Pramuka lagi, sehingga banyak yang masuk keibodan, Seinendan dan juga PETA dari kebanyakan para ketua panduan di Indonesia saat itu.

Setelah kejadian itu, maka di bentuklah Pandu Rakyat Indonesia saat tanggal 28 Desember tahun 1945, tepatnya setelah proklamasi kemerdekaan, dan inilah yang menjadi satu satunya organisasi yang tersisa, dan pada tahun ke 1961 kepanduan Indonesia ini pun akhirnya terpecah kembali menjadi kurang lebih sampai ke 100 Organisasi, yang terhimpun dalam 3 faderasi yaitu sebagai berikut :

1.IPINDO artinya Ikatan pandu Indonesia di dirikan pada 13 bulan September tahun 1951
2.PK PI artinya Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia
3.POPPINDO artinya Persatuan pandu puteri Indonesia
Dan mereka pun menyadari bahwa dengan kelamahan 3 faderasi itu bisa meruntuhkan kembali bayang bayang pandu, maka dari itu mereka pun bersatu dan di satukan dalam ikatan organisasi yang dinamakan dengan :
4.PERK INDO artinya yaitu persatuan kepanduan indonesia

Kelemahan dari tim pramuka Indonesia ini akan di manfaatkan oleh para komunis untuk di jadikan Pioner Muda yang seperti bagaimana adanya di Negara mereka. Namun, besarnya kekuatan dari Pancasila dan juga dari Perkindo ini menentangnya dengan salah satu bantuan dari Mentri Ir. Juanda yang sekarang akhirnya di jadikan Keppres No. 238 TAHUN 1961 tentang Gerakaan Pramuka pada tanggal 20 Mei tahun 1961, namun saat itu di tanda tangan oleh Ir. Juanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjugn ke Jepang.

Dan dengan itulah sampai sekarang kita dapat bebas untuk melakukan pergerakan Pramuka di mana mana, dan dengan adanya Keppres maka selain Organisasi dari Pramuka di larang di adakan di Negara Kita ini. Dan sampai sini dulu kita bahas tentang sejarahnya, terus kita cintai sejarah kita ini, apalagi yang berkaitan dengan Negara kita ini. Maka dari itu terus berkunjung ke Blog ini ya.

Tahun dan Tempat Jambore Sedunia
Tambahan dari artikel ini yaitu, tempat dimana pernah di adakannya JAMBORE SE-DUNIA, dan inilah nama tempatnya dan juga tahun di adakannya:

1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Tahun 1924 Jambore II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
Tahun 1929 Jambore III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
Tahun 1933 Jambore IV di Godollo, Budapest, Hongaria
Tahun 1937 Jambore V di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
Tahun 1947 Jambore VI di Moisson, Perancis
Tahun 1951 Jambore VII di SalzK amergut, Austria
Tahun 1955 Jambore VIII di sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris
Tahun 1959 Jambore IX di Makiling, Philipina
Tahun 1963 Jambore X di Marathon, Yunani
Tahun 1967 Jambore XI di Idaho, Amerika Serikat
Tahun 1971 Jambore XII di Asagiri, Jepang
Tahun 1975 Jambore XIII di Lillehammer, Norwegia
Tahun 1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan
Tahun 1983 Jambore XV diK ananaskis, Alberta,K anada
Tahun 1987 Jambore XVI di Cataract Scout Park, Australia
Tahun 1991 Jambore XVII diK orea Selatan
Tahun 1995 Jambore XVIII di Belanda
Tahun 1999 Jambore XIX di Chili, Amerika Selatan
Tahun 2003 Jambore XX di Thailand
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:54:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kepramukaan Indonesia Lengkap

0 komentar: