Langsung ke konten utama

Sejarah Lahirnya Pancasila

Sejarah Lahirnya PancasilaLahirnya Pancasila telah kita ketahui selama sejarah masih berjalan dengan beriringan waktu, dan pada tahun yang tepat dengan adanya kemerdekaan Indonesia, maka Pancasila juga dilahirkan saat itu tepatnya satu hari setelah kemerdekaan di umumkan. Dan fakta sejarah itu pun juga yang membuat masyarakat di Negara kita menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Negara kita tercinta ini, dan saya pun akhirnya akan membuat artikel tentang bagaimana lahirnya Pancasila itu di Negeri kita, karena Negara ini penuh dengan sejarah, maka dari itu saya pun suka akan sejarah.
sejarah lengkap tentang lahirnya pancasila
Gambar lambang PANCASILA

Dengan di landasi dari perjuangan bangsa kita yang adanya dari gagasan dan juga keperibadian bangsa kita sendiri, maka proses Konseptualisasi yang panjang inilah yang di tandai dengan adanya organisasi yang membuat pergerakan Nasional, Partai Politik dan juga Sumpah Pemuda yang telah membuat dan memutuskan Pancasila untuk Negara kita tercinta ini.

Baca Lengkap: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Tokoh perumusan Pancasila

Dalah sebuah usaha yang sangat di rumuskan untuk membuat dasar Negara bangsa kita ini, banyak sekali usulan usulan yang ada saat itu di musyawarahkan, dalam persidangan BPUPKI (badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia) itu yang antara lain tokoh yang memberikan usulan adalah sebagai berikut:

1.Mohammad Yamin

Tepatnya ketika tanggal 29 bulan mei tahun 1945 beliau telah berpidato dan mengemukakan pendapatnya mengenai apa yang akan menjadi 5 dasar Negara bagi kita semua itu, dan dalam pidatonya yang dia usulkan adalah Peri Kebangsaan, Peri Ketuhanan, Peri Kemanusiaan, Peri Kerakyatan dan juga Kesejahteraan Rakyat. Dan dia juga telah mengatakan bahwa pendapatnya yang ada dalam sila ke 5 merupakan asal dari agama, peradaban, sejarah dan juga hidup yang sesuai dengan ketatanegaraan yang telah tumbuh berkembang sejak sekian lama di Indonesia. Dalam daral memoarnya Mohammad Hatta telah meragukan akan pidato yang di kemukakan oleh Mohammad Yamin tersebut, dalam artian beliau kurang setuju.

Baca Juga: Sejarah Sumpah Pemuda Lengkap dan Teksnya

2.Soekarno Hatta

Dan tokoh yang ke dua, yang telah mengemukakan pendapat rincian dari Pancasila ini adalah sosok presiden pertama kita, yaitu Soekarno. Pada 01 juni tahun 1945 ia telah mempidatokan pendapatnya yaitu sebagai berikut: Kebangsaan Indoensia, Pri Kemanusiaan ataupun Internasionalisme, demokrasi atau mufakat, ketuhanan yang maha esa dan kesejahteraan Sosial. Dengan begitu spontan beliau telah memberi judul pidatonya dengan judul “lahirnya Pancasila”.

Dan dari apa yang telah di kemukakan oleh Soekarno membuat orang banyak yang memberikan apresiasi akan pendapat yang ia kemukakan dalam artian banyak yang setuju, dan pada tanggal itulah di sebutkan bahwa Pancasila pada 01 juni tahun 1945. Yang berpendapat pun banyak bahwa memang untuk pendapat dari Soekarno ini ada dasar fialsafah dan juga gagasan yang ada di dalamnya, juga dia berhasil mensintesiskan apa yang di sebut dengan Ideologi Pancasila itu sendiri.

Rumusan untuk dasar Negara ini pun akhirnya di dadar kembali oleh sang BPUPKI yang merupakan salah satu catatan sejarah juga untuk keberhasilan kemerdekaan Indonesia kita, dan ini pun di masukan dalam piagam jakarta. Selanjutnya, pada tanggal 18 agustus tahun 1945 pancasila pun sudah resmi menjadi dasar negara yang sangatlah mengikat, dimana sebelum nya di sahkan oleh semua rakyat Indonesia, tepat pada sila yang pertama itu ada bagian yang telah di ubah dari “ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at islam bagi pemeluk pemeluknya” menjadi “ketuhanan yang maha esa”.

Rumusan yang telah di buat untuk butir butir Pancasila pun baik dalam pidato presiden maupun rumusan panitia sembilah ada dalam muatan piagam jakarta yang menjadi sejarah dalam proses penyususnan dasar negara ini. Dan rumusan tersebut sampai akhirnya di sepakati bersama sebagaimana yang kita lihat dalam alinea yang ke empat, yaitu pembukaan undang undang dasar tahun 1945, yang kemudian di sahkan pada tanggal 18 agustus tahun 1945.

Rumusan yang menjadi dasar Pancasila

Dari sekian banyak bukti sejarah, dituliskan bahwa kurang lebih ada tiga rumusan yang ada untuk dasar negara kita ini jaman dulu, yaitu rumusan dari konsep presiden yang di bacakan nya pada tanggal 01 juni tahun 1945, dan dari panitia Sembilan dalam piagam jakarta yang di selenggarakan pada 22 juni tahun 1945, lalu yang terakhir pada rumusan pembukaan undang undang dasar tahun 1945 yang telah di sahkan oleh PPKI pada tanggal 18 agustus tahun 1945.

Baca Juga: Makna Pancasila Sebagai dasar Negara

Nah, dengan itu, maka dokumen sejarah yang awalnya dari 01 juni lalu 22 juni dan sampai teks finalnya yaitu tanggal 18 agustus, dapatlah kita maknai sebagai salah satu proses kelahiran falsafah negara kita yang di namakan Pancasila. Dan perlu di tegaskan juga bahwa rumusan yang ada pada Pancasila dan juga pada pembukaan UUD tahun 1945 ini yaitu:

1.Ketuhanan Yang Maha Esa.
2.Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.Persatuan Indonesia.
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawratan/perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian, maka lahirlah Pancasila yang di jadikan dasar negara kita, dan juga dijadikan sebuah perjanjian dan ideologi bangsa kita ini, maka dari itu mari kita terus cintai sejarah dan jagan sampai kita meninggalkan sejarah.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…