Tuesday, January 17, 2017

Sejarah Wali Songo Lengkap Beserta Gambarnya

Sejarah Wali Songo Lengkap Beserta Gambarnya Siapa pun orang islam di Indonesia, pasti akan tahu dan tidak asing lagi akan nama Wali Songo, mau itu dari guru ngaji ataupun di sekolah agama yang ada. Dan dinamakan wali songo karena ini di kenal dari 9 orang wali yang telah menyebarkan ajaran agama islam khususnya di pulau jawa. Dan setelah nya saya membaca buku ataupun referensi yang ada maka saya pun ingin membuat artikel untuk menambah pengetahuan kita akan sejarah agama islam. Dan yang sekarang akan saya jelaskan yaitu sejarah wali songo yang ada di pulau jawa.
sejarah lengkap tentang wali sanga
gambar walisongo yang sembilan
Wali songo ataupun wali yang Sembilan ini mempunyai karomah yang berbeda beda, dan juga masing masing memiliki karismatik yang tinggi, metode dakwah dari Sembilan wali ini pun berbeda beda, baik ada yang lewat budaya, ada yang lewat dari seni, ada yang langsung head to head. Namun, jika di lihat dari nama walisongo ini sebenarnya arti dari nama ini yaitu dewan dakwah ataupun dewan mubaligh yang dinamakan walisongo, dan di dalamnya ada 9 para ulama yang telah bersatu dan bergabung dalam penyebaran islam ke pelosok pulau jawa.

Nama – nama Walisongo

Dari Sembilan walisongon tersebut, maka akan saya paparkan siapa saja nama dari satu persatu wali itu, dan berikut dibawah ini rincian nama namanya :

1.Syekh maulana malik Ibrahim
2.Sunan ampel
3.Sunan bonang
4.Sunan giri
5.Sunan drajad
6.Sunan kalijaga (Baca lebih lengkap: Sejarah Sunan Kalijaga )
7.Sunan kudus
8.Sunan muria
9.Sunan gunung jati

Sejarah masuknya islam ke Indonesia dan adanya walisongo

Menurut sumber yang say abaca, bahwa para ahli yang berpendapat masalah masuknya islam ke wilayah Indonesia ini sebelum adanya walisongo ada 2 pendapat yang kuat, dimana yang pertama mengatakan bahwa islam masuk ke Indonesia dari pesisir pantai yang datangnya para pedagang dari negara arab waktu itu, dan dari sumber yang lainnya lagi bahwa diwilayah Indonesia sudah ada dari tiongkok yang merupakan pemeluk agama islam. Dan itu dapat dimengerti karena islam sudah ada pada abad yang ke – 7. Bahkan ada bukati bahwa orang cina juga melakukan perdagangan ke daerah melayu.

Islam masuk ke wilayah Indonesia di bagi dalam tiga tahap, yang pertama adalah masa masa perkenalan, yang ke dua masanya penyebaran dan yang ketiganya adalah penguatan yang ditandai dengan banyak yang bermunculan kerajaan islam di Indonesia. Dan di berbagai wilayah pun sudah terjadi berbagai macam hal yang menandakan berkibarnya corak islam di nusantara ini, sampai hal tersebut mengakibatkan keruntuhan kerajaan sriwijaya saat itu, tepatnya pada abad yang ke 12. Dengan runtuhnya kerajaan hindu yang terbesar di Indonesia ini, maka dengan cepatnya bau islami tercium di negara kita ini.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia

Ditandai pula perkembangan wilayah islam yang melesat ini dengan runtuhnya kerajaan majapahit dan matinya hayam wuruk juga gajah mada di daerah pulau jawa, mulailah dari sana islam masuk dan juga mengakar di pulau jawa dengan sangat kuat sampai sekarang ini. Bahkan, diakui oleh dunia bahwa di negara Indonesia inilah penduduk islam paling banyak sedunia, dibandingkan dengan wilayah pusat islam di negara arab. Karena itulah perlu kita bangga pada bangsa kita ini.

Penyebab ketertarikan masyarakat dengan agama islam adalah pengamalannya dan juga kelogisannya, dibandingkan dengan agama lain, maka islam lah yang paling banyak mengajarkan ketuhanan yang sesungguhnya, bahwa persamaan hak, juga pengamalannya yang luar biasalah yang membuat masyarakat mulai menerima islam di Indonesia ini. Kuatnya islam di negara kita ini disertai dengan adanya peran serta dari para da’I dan ulama yang sangat tinggi ruhul jihadnya terutama di wilayah pulau jawa, yang meliputi jawa barat, jawa tengah dan juga jawa timur. Disinilah pusat islam di Indonesia ada. Lalu menyebarlah ke pulau Kalimantan, Sulawesi dan juga ke maluku. Ini merupakan sebuah frontal yang sangat luar biasa, dan dari sekian banyak para ulama yang berjihad, maka ada yang paling terkenal di pulau jawa yang sering di sebut dengan Walisongo.

Arti dari kata walisongo
Masyarakat yang awam menganggap walisongo itu adalah yang berarti wali yang Sembilan. Namun arti ini ada hanya di daerah jawa timur saja, namun dari pendapat yang saya baca dari para ahli, ada yang mengatakan bahwa wali songo ini adalah arti tempat yang mulia. Namun ada yang pendapatnya menurut saya menarik, yaitu diman ada yang mengatakan bahwa wali songo ini adalah sebuah dewa yang telah didirikan oleh raden rahmat yang dikenal dengan sunan ampel.

Penulis dari berbagai sumber telah merujuk pada arti yang disebut barusan. Karena walisongo ini bukan hanya ada di jawa timur saja, namun juga di jawa barat dan tengah. Salah satu hal yang membuat walisongo ini terikat dan menyatu adalah karena hubungan kekerabatannya.

Hubungan kekerabatan diatara walisongo
sejarah lengkap tentang wali songo
gambar silsilah hubungan dari wali sanga

Bersamaan dengan lemahnya kerajaan majapahit yang di sebab kan adanya perang saudara yang memperebutkan tahta itu, hadirlah sang alim ulama dari pasai yang di beri gelar maulana malik Ibrahim, dengan pergerakan pertamanya menyebrang ke wilayah jawa. Dan sampai disana iapun langsung mendirikan tempat perdagangan masyarakat sekitar, dengan memberikan harga yang sangat murah maka berkumpulan para orang untuk melakukan transaksi perdangangannya dengan maulana malik Ibrahim itu.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Demak

Yang awalnya adalah tempat dagang, maka ia ubah menjadi pondok pesantren agama islam, untuk mulai menyebarkan agama islam. Dan beserta putranya sunan ampel, maulana malik Ibrahim ini menyebarkan islam mulai dari daerah Gresik, yang awalnya di gelari sunan gresik ini, lalu putra nya yang bernama raden rahmat telah di beri gelar sunan ampel karena mendirikan padepokan ampel denta.

sunan drajat dan juga sunan bonang pun belajar di pesantren sunan ampel, dan sunan ampel memiliki sepupu yang dinamakan raden paku, yang juga merupakan muridnya sendiri di beri nama sunan giri. Yang nantinya akan mendirikan pesantren di wilayah Giri, telah menyebarkan islam di berbagai bagian Indonesia tengah. Sunan bonang pun mempunyai murid yaitu sunan kalijaga atau di sebut dengan sunan kalijogo. Dan terkenalnya beliau dalam suatu riwayat yang menuliskan bahwa 4 tahun hidup di bantara sebuah sungai yang di perintahkan menunggu oleh sunan bonang. Sunan Kalijaga ini pun akhirnya mempunyai anak yang di beri gelar sunan muria, lalu sunan muria mempunyai murid yang namnya sunan kudus.
Dari sekan banyak kisah tentang wali songo ada yang paling terkenal yaitu sunan gunung jati, yang bukan hanya penyebar islam biasa saja melainkan juga merupakan suatu pengendali pemerintahan kala itu, beliau dengan sunan lainnya telah bersahabat dan juga saling kenal kecuali dengan sunan gresik, karena sunan gresik telah lebih dulu meninggal dunia saat itu.

Kisah singkat walisongo
Dari Sembilan wali ini, masing masing mempunyai perjalanan dakwah dan juga kisah penyebaran yang menarik dan unik, dan bagaimanakah kisah kisah itu? Maka terus simak artikel ini ke bawah, berikut kisah walisongo:

1. Maulana malik Ibrahim
Beliau adalah sunan yang pertama yang ada pada walisongo, dimana asia tengah mulai terpengaruh islam mulai awal abad ke 14, dan maulana malik Ibrahim ini juga sering di kenal dengan syekh maghribi, bahkan sebagaian orang juga mengenal beliau dengan sebutan kakek bantal. Beliau mempunyai saudara kandung yang namanya maulana ishak, yang merupakan anak dari seorang ulama dari Persia, yaitu maulana jumadil kubro yang di yakini sebagai keturunan yang ke 10 dari cucu nabi Muhammad SAW, yaitu saidina husein. Beliau pernah tinggal di campa (yang sekarang jadi daerah kamboja) lalu pindah pada tahun ke 1329 dan pindah ke tanah jawa.

2. Sunan ampel
Kisah sunan ampel ini cukup menarik, dimana beliau di lahirkan di Campa pada tahun ke 1041 masehi, dan nama kecil beliau adalah raden rahmat. Nama ampel itu pun di berikan sendiri dengan daerah tempat dimana beliau mulai menyebarkan agama islam, yaitu di daerah ampel yang salah satu dari bagian daerah di kota Surabaya yang sekarang ada.

3. Sunan giri
Sunan giri ini adalah putra dari Maulana Ishak, dan pernah menjalani pencarian ilmu di pesantren nya sunan ampel, yang menurut ia saat telah merasa cukup kuat untuk menyebarkan islam, maka secepatnya beliau lagi ke daerah yang ada di perbukita desa sidomukti, kabupaten gresik. Dan dari titik daerah itu lah beliau menyebarkan agama islam dengan luas dan melesat cepat.

4. Sunan bonang
Sunan bonang ini adalah putra dari sunan ampel, yang pastinya cucunya maulana malik Ibrahim juga, beliau lahir di daerah tuban pada tahun ke 1465 masehi dari sang ratu yang namanya nyi ageng mulia, dan dari sanalah kota tuban itu jadi pusat penyebaran agama islam oleh sunan bonang.

5. Sunan kalijaga
Sunan ini mempunyai nama kecil yaitu raden said. Beliau lahir pada tahun 1450 masehi, dan ayahandanya adalah adipate tubah, yaitu arya wilatikta. Dari sunan kalijaga ini di daerah Cirebon lah islam yang di sebarkan pertama kalinya oleh sunan kalijaga, dan nama itu pula merupakan salah satu daerah yang ada sungainya di daerah Cirebon, yaitu kalijogo.

6. Sunan gunung jati
Sunan ini telah di kagumi banyak oleh para masyarakat pulau jawa khusunya, kaerna kisah yang menyebutkan bahwa beliau pula pernah mengalami peristiwa isra mi’raj pula dan bertemu dengan nabi Muhammad SAW.

7. Sunan drajat
Sunan ini merupakan anaknya sunan ampel, yang ia lakukan pada tugas dakwahnya dilakukan di pesisir gresik, namun ia pun kemudian terdampar di sebuah daerah yang di sebut dengan dusun jelog yang sekaran gmenjadi daerah lamongan yang kita tahu.

8. Sunan kudus
Beliau adalah muridnya sunan kalijaga, dan ia pun berdakwah dan berkelana ke pulau jawa tengah yaitu sragen, dan caranya berdakwah menyebarkan agama islam adalah sama dengan pendekatan yang di lakukan oleh sunan kalijaga pada budaya yang ada di masyarakat sekitar, dan bahkan dari cara penyampaian nya lebih halus dari pada sunan kalijaga.

9. Sunan muria
Sunan ini mempunyai nama kecil yaitu raden prawoto dan nama muria ini di ambil dari tempat terakhirnya pindah yaitu di gunung muria, lereng. Kurang lebh 18 km dari pusat utara kota kudus. Caranya berdakwah sama percis seperti apa yang di sampaikan oleh ayahnya, ia pun jauh dari kota untuk menyebarkan agama islam, karena sepertinya aia pun berbeda sekali dengan ayahnya.

Nah, dari artikel saya yang panjang lebar, saya sudahkan dulu sekian, semoga bermanfaat dan terus lah berkarya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:41:00 AM
Tags :

Related : Sejarah Wali Songo Lengkap Beserta Gambarnya

0 komentar: