Wednesday, March 15, 2017

Pengertian Simulasi Digital dan Fungsinya Lengkap dengan Manfaatnya

Pengertian Simulasi Digital - Simulasi adalah sebuah replikasi atau visualisasi dari perilaku sebuah sistem, seperti perencanaan pendidikan, yang berjalan pada jangka waktu yang tertentu. Jadi bisa artikan bahwa simulasi itu adalah sebuah model yang berisi seperangkat variabel yang menampilkan ciri utama dari sistem kehidupan yang sebenarnya. Simulasi memungkinkan keputusan-keputusan yang menentukan bagaimana ciri-ciri utama itu bisa dimodifikasi secara nyata.
Simulasi Digital adalah mata pelajaran yang membekali para siswa agar dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep atau ide melalui media digital.

Dalam prosesnya, siswa dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep atau ide yang dikemukakan orang lain serta mewujudkannya melalui media digital, dengan tujuan menguasai teknik mengomunikasikan gagasan atau konsep.

Pengertian Simulasi Digital dan Fungsinya Lengkap dengan Manfaatnya
Komunikasi Digital
 Tujuan akhir setelah anda mempelajari berbagai keteknikan dan cara bekerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, anda akan mampu mengomunikasikan gagasan atau konsep yang ditemukannya sendiri atau modifikasi dari gagasan atau konsep yang sudah ada.
 
Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan tepat, mencerminkan kecerdasan pola pikir dan tingkat penguasaangagasan atau konsep tersebut.

Media digital yang dimanfaatkan untuk mengomunikasikan gagasan atau  konsep, dipilih dari yang telah tersedia secara luas melalui aplikasi atau platform digital dengan menggunakan peralatan elektronika atau peralatan teknologi informatika dan komunikasi yang ada.

A. Komunikasi Dalam Jaringan (Komunikasi Daring)
Melalui komunikasi daring, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk memanfaatkan jejaring internet untuk mencari dan mendapatkan informasi sebagai pendukung gagasan atau konsepnya sekaligus mengomunikasikan gagasan atau konsepnya.

Komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan (synchronous) maupun dalam waktu yang berbeda (asynchronous). Komunikasi daring dapat dilakukan melalui pengiriman teks maupun gambar, bahkan dapat membuat komunikator dan  komunikan melakukan percakapan langsung dengan saling melihat gambar lawan bicaranya, yang disebut dengan Video Call. Lebih lengkap tentang komunikasi dalam jaringan, Silahkan baca 📣 " Pengertian Komunikasi Daring"
 
B. Kelas Maya
Melalui kelas maya, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk dapat ikut serta dalam kelas maya yang diselenggarakan oleh siapapun, dalam rangka meningkatkan pengetahuannya. Kelas maya sebagai kelas yang diselenggarakan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet.

Kelas maya dapat membuat siswa mendownload informasi apa saja dan pengetahuan baru yang diperlukan yang telah disediakan oleh guru yang mengadakan kelas maya tersebut, sekaligus menyampaikan tanggapan atau jawaban yang ditanyakan oleh guru.

Kelas maya merupakan kelas “terbuka” dan “jarak jauh” yang dibuat dalam rangka pemelajaran yang dapat diikuti oleh siswa yang terdaftar, dan tidak ada perbedaan dengan kelas konvensional (kelas tatap muka langsung antara guru dan siswa).

Lebih jelas tentang kelas maya ; Silahkan baca "Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya"

Keterlibatan orang tua anda dalam memantau keaktifan anda mengikuti kelas maya dapat dilakukan orang tua kepada guru.
 
C. Presentasi Video
Kemudahan perekaman gambar bergerak dalam bentuk video dan perkembangan teknik video dari analog ke digital, memungkinkan seseorang merekam gambar bergerak yang lebih baik dan lebih mudah. Meskipun harus mempelajari teknik perekaman gambar dan penyuntingannya, melalui video process (proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam), presentasi video memberikan bekal bagi siswa untuk membuat video, terutama untuk, mengomunikasikan gagasan atau konsep.

Lebih lengkap nya silahkan baca : 📣 Pengertian Presentasi Video dan Fungsinya
Ada kalanya, penyaji saat mengomunikasikan gagasan atau konsep tidak memerlukan banyak gerakan atau hanya memerlukan ruang gerak yang sedikit. Untuk kepentingan tersebut video process untuk pengambilan gambar penyaji, dapat digantikan dengan memanfaatkan webcam.
Presentasi Video membekali siswa dapat melakukan keduanya

Presentasi video adalah media siswa mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan mengekspresikan diri dalam bentuk gambar bergerak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:44:00 PM

Related : Pengertian Simulasi Digital dan Fungsinya Lengkap dengan Manfaatnya

1 komentar:

88 0ffice said...

Artikel yang bagus. Namun sekarang bukan hanya presentasi video atau kelas maya saja, tapi ada juga kantor maya, atau lebih sering disebut Virtual Office. Virtual office sendiri memang belakangan ini sedang ramai di bicarakan dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan start up.