Alat Ukur Listrik dan Cara Penggunaanya

Alat Ukur Listrik dan Cara Penggunaanya - Elektromagnetik peka terhadap arus listrik, maka elektromagnetik dapat digunakan untuk mendeteksi arus listrik. Alat yang digunakan untuk mendeteksi atau mengukur arus listrik disebut dengan galvanometer. Galvanometer terbuat dari kumparan yang dihubungkan dengan rangkaian listrik yang akan diukur arusnya. Kumparan tersebut bisa berputar bebas pada tumpuannya, dan diletakkan di daerah medan magnet oleh magnet permanen.

Galvanometer adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur kuat arus dan beda potensial listrik yang agak kecil. Galvanometer tidak bisa digunakan untuk mengukur kuat arus maupun beda potensial listrik yang sangat besar, karena komponen-komponen internal galvanometer yang tidak mendukung untuk melakukan itu. Baca juga: Satuan Dasar Listrik Menurut Hukum Internasional

Alat Ukur Listrik dan Cara Penggunaanya
Alat Ukur Listrik dan Cara Penggunaanya
Galvanometer bisa digunakan untuk mengukur kuat arus maupun beda potensial listrik yang besar, dengan syarat pada galvanometer tersebut sudah dipasang hambatan eksternal (pada voltmeter disebut hambatan depan, sedangkan pada ampermeter disebut hambatan shunt)

Jika arus listrik mengalir pada kumparan, maka gaya magnetik menyebabkan kumparan berputar. Kumparan tersebut tidak bisa terus berputar karena ditahan pegas. Saat kumparan berputar, jarum penunjuk yang dilekatkan pada kumparan tersebut ikut berputar juga, dan menunjuk kepada angka tertentu. Karena kumparan akan berputar pada arah yang berlawanan jika arus dibalik, maka galvanometer dapat digunakan untuk mengukur besar serta menunjukkan arah arus listrik dalam rangkaian.

Alat ukur listrik dengan penunjuk jarum bekerja berdasarkan prinsip hukum tangan kiri Flemming. Sebuah kumparan dari belitan kawat penghantar digantungkan pada dua utas kabel fleksibel, dimana kumparan bisa berputar bebas.

Kumparan kawat ditempatkan diantara kutub magnet utara-selatan berbentuk huruf U. Kutub magnet permanen menghasilkan garis medan magnet yang akan memotong kumparan kawat. Pada saat kawat dihubungkan sumber listrik dari terminal positif mengalirkan arus listrik I ke terminal negatif.

Prinsip elektromagnetis dalam kumparan terjadi medan magnet elektromagnetis. Medan magnet kutub permanen berinteraksi saling tolak menolak dengan medan elektromagnetis kumparan, kumparan mendapat gaya putar F akibatnya kumparan berputar searah panah.

Prinsip alat ukur listrik Besarnya gaya    F = B.I.L    Newton
Penjelasan terjadinya kumparan putar mendapatkan gaya F, kutub magnet permanen utara-selatan menghasilkan garis medan magnet B dengan arah dari kutub utara menuju kutub selatan.

Kumparan kawat dalam posisi searah garis medan magnet berada  diatara kutub magnet permanen, dialirkan arus listrik sebesar I. Prinsip elektromagnetik disekitar kumparan putar akan timbul medan magnet sesuai prinsip tangan kanan, kutub utara dikiri kutub selatan dikanan.
Alat Ukur Listrik dan Cara Penggunaanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar