Langsung ke konten utama

Pengertian Listrik Secara Umum

Pengertian Listrik Secara Umum - Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran muatan dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan bermacam-macam efek yang sudah diketahui oleh umum, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik.

Adanya listrik juga dapat menimbulkan radiasi dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Listrik merupakan suatu muatan yang terdiri dari muatan positif dan negatif, dimana sebuah benda akan dikatakan memiliki energi listrik apabila suatu benda itu mempunyai perbedaan jumlah muatan. Sedangkan muatan yang bisa berpindah adalah muatan negatif dari sebuah benda, berpindahnya muatan negatif ini disebabkan oleh berbagai gaya atau energi, seperti energi gerak, energi  panas dan lain-lain.

Perpindahan muatan negatif inilah yangakhirnya disebut dengan energi listrik. Karena suatu benda akan selalu mempertahankan keadaan netral antara muatan positif dan muatan negative. Sehingga jika jumlah muatan positif lebih besar daripada muatan negative, maka benda tersebut mencari muatan negative untuk mencapai keadaan yang seimbang.
Pengertian Listrik Secara Umum

Listrik memiliki besaran-besaran diantaranya sebagai berikut:
a. Tegangan Listrik
b. Arus Listrik
c. Hambatan Listrik
d. Gaya Gerak Listrik
c. Muatan Listrik
f. Kapasitansi
g. Indukyansi
h. Kuat Medan Listrik
i. Fluks Magnet

Besaran-besaran listrik akan kami bahas pada artikel selanjutnya!

Baca juga: Alat Ukur Listrik dan Penggunaanya

Dalam listrik, muatan menghasilkan medan elektromagnetik yang dilakukan ke muatan lainnya.

Listrik muncul akibat adanya beberapa tipe fisika:

Muatan listrik: sifat beberapa partikel subatomik yang menentukan interaksi elektromagnetik. Substansi yang bermuatan listrik menghasilkan dan dipengaruhi oleh medan elektromagnetik

Medan listrik : jenis medan elektromagnetik sederhana yang dihasilkan dari muatan listrik ketika diam (tidak ada arus listrik). Medan listrik menghasilkan gaya ke muatan lainnya.

Potensial listrik: kapasitas medan listrik untuk melakukan kerja pada sebuah muatan listrik, biasanya diukur dalam volt.

Perpindahan muatan listrik dikenal juga dengan nama arus listrik, besar ukurannya diukur dalam ampere. Arus dapat terdiri dari beberapa partikel bermuatan apapun yang berpindah; umumnya adalah elektron, tetapi muatan apapun yang berpindah menghasilkan arus.

Keberadaan sifat-sifat ini menjadi penting pada saat rangkaian ditujukan pada respon transien, seperti ketika pertama kali diberi energi.

Elektromagnet: Muatan berpindah menghasilkan medan magnet. Arus listrik menghasilkan medan magnet begitu juga perubahan medan magnet menghasilkan arus listrik.

Pada teknik elektro, listrik digunakan untuk:
Tenaga listrik yang digunakan untuk menghidupkan peralatan

Elektronik yang berhubungan dengan sirkuit listrik yang melibatkan komponen listrik aktif seperti transistor, tabung vakum, dioda dan sirkuit terintegrasi.

Fenomena listrik sudah dipelajari dari zaman purba, meskipun pemahaman secara teoritisnya berkembang lamban hingga abad ke-17 dan 18. Meski demikian, aplikasi praktisnya saat itu masih sedikit, hingga di akhir abad ke-19 para insinyur dan ilmuan dapat memanfaatkannya pada industri dan rumah tangga.

Perkembangan yang luar biasa cepat pada teknologi listrik mengubah industri dan masyarakat.

Fleksibilitas listrik yang amat beragam menjadikan penggunaannya yang hampir tak terbatas seperti pemanasan, penerangan, telekomunikasi, transportasi dan komputasi.

Tenaga listrik saat ini adalah tulang punggung masyarakat industri modern, hampir di setiap rumah dan perusahaan menggunakan listrik untuk menjalankan berbagai pekerjaan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…