Wednesday, April 26, 2017

Satuan Dasar Listrik Menurut Sistem Internasional

Satuan Dasar Listrik Menurut Sistem Internasional - Berdasarkan konferensi umum mengenai berat dan ukuran ke-14 tahun 1971, dan hasil-hasil pertemuan sebelumnya, menetapkan tujuh besaran dasar. Ketujuh besaran ini ditunjukkan dalam Tabel 2.1 dan merupakan dasar bagi Sistem Satuan Internasional, biasanya disingkat SI dari bahasa Perancis “Le Systeme International d’Unites”.

Satuan Dasar Listrik
Dalam buku ini juga banyak dijumpai contoh-contoh satuan turunan SI seperti kecepatan, gaya, hambatan listrik dan sebagainya, yang diperoleh dari table di atas. Sebagai contoh, satuan SI untuk gaya disebut Newton (N), yang dalam satuan dasar SI didefinisikan sebagai 1N = 1 m.kg / (detik)² (1.1)

Satuan Turunan
Satuan turunan adalah satuan yang diturunkan dari satuan pokok. Satuan dasar dapat dikombinasikan untuk mendapatkan satuan pengukuran besaran lainnya yang disebut satuan turunan . Sebagai tambahan ada dua dari satuan tanpa dimensi yaitu radian (rad) dan steradian (sr), 20 satuan turunan lainnya memiliki satuan nama yang khusus.

Nama satuan turunan yang berasal dari satuan dasar SI
Nama Satuan Listrik
Dalam beberapa hal, satuan besaran dasar dirasa kurang sesuai  dengan kebutuhan, dikarenakan terlalu besar atau terlalu kecil, misalnya Kapasitor mempunyai satuan dasar adalah Farad, namun satuan  tersebut terlalu besar , dan yang sering dipakai adalah dalam µF (micro Farad) atau nF (nano Farad) bahkan pF (piko Farad) , contoh lain adalah Resistor yang sering menggunakan satuan kΩ bahkan hingga MΩ (mega Ohm) sehingga diperlukan faktor pengali dari besaran satuan standar tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:26:00 AM

Related : Satuan Dasar Listrik Menurut Sistem Internasional

0 komentar:

Post a Comment