Selasa, 31 Oktober 2017

Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya

;
Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya - Salah satu cara untuk menabung dengan banyak keuntungan yang didapat adalah dengan berinvestasi. Banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan, seperti menghindari hutang, nilai kekayaan yang terlindungi baik dari pengaruh inflasi sekalipun, nilai kekayaan akan meningkat, kebutuhan masa depan akan terpenuhi, dan perencanaan keuangan lebih tertib.

Investasi bisa berbentuk tanah, pendidikan, saham, bahkan mata uang asing. Sebelum mengetahui lebih banyak tentang investasi dan bentuknya, lebih baik Anda memahami dulu tentang Understanding Investment.

Beberapa Pengertian Investasi

Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya
Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya

Pengertian Investasi oleh KBBI (Indonesian Big Dictionary) adalah kata benda yang berarti menanam uang atau modal di perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. Ilmu yang mempelajari tentang investasi adalah ilmu sosial, terutama ekonomi.

Menurut seorang ekonom Fitz Gerald, investasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penarikan sumber daya yang digunakan untuk menyimpan barang modal saat ini.

Barang modal kemudian akan menghasilkan produk baru di masa depan. Menurutnya, investasi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan penarikan sumber daya yang digunakan untuk menahan barang.

Menurut Henry Simamora, investasi adalah aset yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (misalnya pendapatan bunga, royalti, dividen, pendapatan sewa, dll.), Untuk menghargai nilai investasi, atau untuk keuntungan lainnya. untuk perusahaan investasi, seperti keuntungan yang didapat melalui hubungan dagang.

Kata yang berarti, hampir kebalikannya, lalu kebalikan dari investasi apa? Yang sebaliknya adalah divestasi. Pernahkah anda mendengar kata divestasi? Menurut Wikipedia, divestasi adalah pengurangan aset baik secara finansial maupun sejenis, definisi lain dari divestasi adalah penjualan bisnis aset perusahaan.

Memahami konsep divestasi saja, sudah terjalin dari sebaliknya Pengertian Investasi bukan? Berdasarkan investasi ekonomi itu sendiri dapat dikategorikan sebagai pembelian barang modal seperti peralatan produksi, pembangunan perumahan, pabrik, atau perkantoran. Beberapa jenis investasi yang biasanya banyak diminati adalah tabungan, deposito, reksadana, obligasi, saham, emas, dan properti.

Nah, itu Pengertian Investasi, setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya, manfaat investasi emas termasuk aset yang bisa dengan mudah dijual, tahan lama, harga stabil, bahkan naik.

Kerugian investasi emas seperti emas tidak membuat pemiliknya menjadi lebih kaya, mungkin nilai emas anjlok, dan tidak bisa menghasilkan keuntungan secara reguler.

Keuntungan dari investasi saham bisa mendatangkan keuntungan besar jika harga saham naik, meski modalnya kecil tapi profitnya bisa berlipat ganda, kekurangannya adalah risiko kehilangan modal jika perusahaan bangkrut dan risiko kehilangan uang jika harga saham turun. atau jatuh.

Jika Anda menginvestasikan uangnya di tabungan, keuntungannya adalah uang dapat diambil kapan saja dan transaksi itu mudah sementara kerugian yang didapat saat penghematan investasi termasuk uang akan cepat berkurang karena bisa diambil kapan saja dan Anda tetap mendapat sedikit minat.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan

Selain itu, Anda juga bisa menginvestasikan properti. Pada dasarnya, investasi properti hampir sama dengan membeli emas, namun beberapa keuntungan investasi properti di atas emas adalah risiko kecil, mendapatkan penghasilan tambahan jika properti disewakan, kerugiannya adalah modal dalam jumlah besar, misalnya untuk membeli rumah atau tanah, maka Kedua, properti bukan aset yang likuid dan untuk menjual properti tentu tidak mudah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 00.37.00
Tags :

Related : Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya

0 komentar:

Posting Komentar