Thursday, October 5, 2017

Pengertian Kalsium Klorida dan Manfaatnya

Pengertian Kalsium Klorida dan Manfaatnya - Kalsium klorida adalah senyawa anorganik, garam dari rumus kimia CaCl2. Ini adalah padatan kristal tak berwarna pada suhu kamar, sangat larut dalam air.

Kalsium klorida sering ditemukan sebagai hidrasi padat dengan rumus umum CaCl2 (H2O) x dengan x = 0, 1, 2, 4, dan 6. Senyawa ini terutama digunakan untuk penguraian es dan pengendalian debu. Karena garam anhidrat bersifat higroskopik, ini digunakan sebagai desiccant (bahasa Inggris: dessicant).

Pengertian Kalsium Klorida dan Manfaatnya
Kalsium Klorida

Manfaat Kalsium Klorida

Penghapusan Es dan Penebalan Es
Dengan menekan titik beku air, kalsium klorida digunakan untuk mencegah pembentukan es dan digunakan untuk mengatasi es (bahasa Inggris: de-es). Aplikasi ini mengkonsumsi kalsium klorida dengan jumlah terbesar.

Kalsium klorida relatif tidak berbahaya bagi tanaman dan tanah. Sebagai pewangi es, ini lebih efektif pada suhu yang lebih rendah daripada natrium klorida.

Saat didistribusikan untuk penggunaan ini, biasanya bola putih kecil berdiameter beberapa milimeter, disebut prill.

Solusi kalsium klorida dapat mencegah pembekuan pada suhu serendah -52 ° C (-62 ° F), sehingga ideal untuk mengisi ban pengolahan pertanian sebagai pemberat, membantu daya tarik di iklim dingin.

Juga digunakan untuk berjaga-jaga (bahasa Inggris: dehumidifier) ​​berdasarkan garam / kimia di lingkungan rumah tangga dan lingkungan lainnya untuk menyerap uap air / uap air dari udara.

Permukaan jalan
Kalsium klorida disemprotkan di permukaan jalan ini untuk mencegah pelapukan, memberikan penampilan basah meski dalam cuaca kering.

Aplikasi kalsium klorida terbesar kedua menggunakan sifat higroskopik dan sifat hidrat. Larutan terkonsentrasi membentuk lapisan cair pada permukaan tanah tanah, yang menekan pembentukan debu.

Ini memegang partikel debu halus di jalan, memberikan lapisan bantalan. Jika ini diperbolehkan terbang, agregat yang lebih besar mulai bergeser dan jalan rusak. Menggunakan kalsium klorida, mengurangi kebutuhan grading hingga 50% dan mengurangi kebutuhan pengisi 80%.

Pengolahan air
Kalsium klorida digunakan untuk meningkatkan kekerasan air di kolam. Proses ini mengurangi erosi beton di kolam. Menurut prinsip Le Chatelier dan efek ion umum, meningkatkan konsentrasi kalsium dalam air akan mengurangi pembubaran senyawa kalsium penting dalam struktur beton.

Makanan
Sebagai bahan ramuan, bahan ini terdaftar sebagai bahan makanan yang diijinkan di UE untuk digunakan sebagai penyerap dan penguat dengan nomor E E509.

Hal ini dianggap umum dikenal sebagai Aman (Umumnya Diakui sebagai Aman, (GRAS)) oleh Administrasi Makanan dan Obat A.S.

Penggunaannya dalam produksi tanaman pangan organik umumnya dilarang dalam Daftar Nasional Zat yang Diizinkan dan yang Dilarang, di bawah Program Organik Nasional A.S.

Asupan kalsium klorida rata-rata sebagai makanan tambahan diperkirakan 160-345 mg / hari untuk individu. Dalam air garam akuarium, kalsium klorida ditambahkan untuk menambahkan kalsium bioavailabel ke hewan berbentuk karbonat seperti moluska dan beberapa cnidaria.

Kalsium hidroksida (campuran air kapur) atau kalsium kalsium juga bisa digunakan untuk menambah kalsium; Namun, penambahan kalsium klorida adalah metode tercepat dan memiliki dampak minimal terhadap pH.

Sebagai bahan, kalsium klorida digunakan dalam sayuran kaleng, untuk mengencangkan curd kedelai menjadi tahu dan dalam memproduksi pengganti kaviar dari jus sayuran atau buah.

Kalsium klorida biasa digunakan sebagai elektrolit minuman olahraga dan minuman lainnya, termasuk air kemasan. Rasa asin yang ekstrem dari kalsium klorida digunakan sebagai acar acar tanpa meningkatkan kadar natrium dalam makanan.

Sifat kalsium klorida yang dapat menekan titik beku digunakan untuk memperlambat pembekuan karamel pada batangan coklat yang mengandung karamel.

Dalam bir pembuatan bir, kalsium klorida kadang digunakan untuk memperbaiki kekurangan mineral dalam menyeduh air. Ini mempengaruhi rasa dan reaksi kimia selama proses pembuatan bir, dan juga dapat mempengaruhi fungsi ragi selama fermentasi.

Dalam pembuatan keju, kalsium klorida kadang ditambahkan ke dalam susu olahan (pasteurisasi / homogenasi) untuk mengembalikan keseimbangan alami kalsium dan protein dalam kasein agar bisa membuat berbagai keju, seperti brie, PĂ©lardon dan Stilton.

Dengan penambahan kalsium klorida ke dalam susu sebelum penambahan koagulan, kadar kalsium akan pulih. Selain itu, sering ditambahkan ke potongan apel untuk mempertahankan tekstur.

Kalsium klorida digunakan untuk mencegah noda gabus dan lubang pahit pada apel dengan menyemprotnya ke pohon pada akhir musim tanam.

Operasi laboratorium dan pengeringan lainnya
Tabung pengering sering diisi dengan kalsium klorida. Kelp dikeringkan dengan kalsium klorida untuk digunakan dalam produksi natrium karbonat. Kalsium klorida anhidrat telah disetujui oleh FDA sebagai pengobatan.

Operasi laboratorium dan pengeringan lainnya 
Tabung pengering sering diisi dengan kalsium klorida. Kelp dikeringkan dengan kalsium klorida untuk digunakan dalam produksi natrium karbonat. Kalsium klorida anhidrat telah disetujui oleh FDA sebagai bahan tambahan kemasan untuk memastikan kekeringan (CPG 7117.02).

Medis 
Kalsium klorida disuntikkan untuk menangani luka bakar internal akibat asam klorida. Kalsium klorida juga bisa digunakan untuk mengobati keracunan magnesium. Injeksi kalsium klorida dapat menurunkan toksisitas jantung yang diukur dengan elektrokardiogram.

CaCl2 juga membantu melindungi miokardium dari serum potassium berpotensi tinggi dalam kasus hiperkalemia. Kalsium klorida dapat digunakan untuk mengatasi keracunan saluran kalsium secara cepat, karena efek samping obat seperti diltiazem.

Gagal jantung 
Sementara kalsium intravena telah digunakan dalam pengobatan gagal jantung, penggunaannya umumnya tidak dianjurkan. Rekomendasi kasus gagal jantung meliputi kadar potassium darah tinggi, kadar kolesterol darah rendah seperti transfusi darah, dan overdosis calcium channel blocker.

Ada potensi penggunaan umum untuk memperburuk hasilnya. Untuk kalsium, kalsium klorida biasanya digunakan sebagai bentuk yang dianjurkan.

Sains
Kalsium klorida hidrat digunakan dalam transformasi gen sel dengan meningkatkan permeabilitas sel membran, mempromosikan kompetensi untuk pengambilan DNA (memungkinkan fragmen DNA memasuki sel lebih mudah).

Aplikasi lain
Kalsium klorida digunakan dalam campuran beton untuk mempercepat waktu pengikatan, namun ion klorida memicu korosi rebar, sehingga tidak dapat digunakan pada beton bertulang. kalsium klorida anhidrat juga dapat digunakan untuk tujuan ini dan dapat memberikan pengukuran kadar air pada beton.

Kalsium klorida dimasukkan sebagai aditif dalam plastik dan alat pemadam kebakaran, dalam pengolahan air limbah sebagai pendukung drainase, dalam tanur tinggi sebagai bahan tambahan untuk mengendalikan perancah (dalam bahasa Inggris: perancah, penggumpalan dan adhesi bahan yang mencegah cawan lebur), dan di dalam Pelembut kain sebagai pengencer.

Pembubaran kalsium klorida eksotermal digunakan dalam kaleng swapanas dan pad pemanas (bahasa Inggris: alas pemanas).

Dalam industri minyak, kalsium klorida digunakan untuk meningkatkan densitas padatan bebas air asin. Hal ini juga digunakan untuk menghambat pembengkakan tanah liat dalam fase berair dari cairan pengeboran emulsi balik.

CaCl2 bertindak sebagai bahan fluks (menurunkan titik leleh) dalam proses Davy untuk produksi industri logam natrium, melalui elektrolisis lelehan NaCl.

Demikian pula, CaCl2 digunakan sebagai fluks dan elektrolit dalam proses Cambridge FFC untuk produksi titanium, dimana pertukaran ion kalsium presisi dan pertukaran oksigen antara elektroda.

Kalsium klorida juga digunakan dalam produksi karbon aktif.

Kalsium klorida juga merupakan bahan yang digunakan dalam pengecoran keramik. Ini menunda partikel tanah liat sehingga melayang dalam larutan dan membuatnya lebih mudah digunakan dalam berbagai teknik pengecoran (bahasa Inggris: slipcasting).

Sterilisasi hewan 
Kalsium klorida dihidrat (20% berat) dilarutkan dalam etanol (95% ABV) telah digunakan sebagai sterilan untuk hewan jantan. Prosedur non bedah terdiri dari suntikan larutan ke hewan testis. Dalam 1 bulan, nekrosis jaringan testis menghasilkan sterilisasi
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:56:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Kalsium Klorida dan Manfaatnya

0 komentar:

Post a Comment