Selasa, 31 Oktober 2017

Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya

;
Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya - Komunikasi dibutuhkan di semua aspek kehidupan salah satunya di bidang usaha. Definisi komunikasi bisnis pada umumnya adalah pertukaran informasi atau hubungan timbal balik antara dua atau lebih orang dengan bahasa yang saling dipahami oleh bisnis. Komunikasi yang baik bisa menunjang kesuksesan sebuah bisnis.

Komunikasi dianggap berhasil jika tujuan menjadi komunikator (messenger) diterima dengan baik oleh komunikan (penerima pesan) tanpa kesalahpahaman (kesalahpahaman). Oleh karena itu, bahasa yang digunakan harus sama-sama dipahami oleh kedua belah pihak dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Pengertian dan Tujuan Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya
Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya
Beberapa ahli mengungkapkan pendapat berbeda tentang arti komunikasi bisnis. Tapi intinya sama saja. Rosenbalt berpendapat bahwa komunikasi adalah proses pertukaran gagasan, informasi, pesan dan lain-lain antara dua orang atau lebih dengan menggunakan sinyal atau sinyal untuk mencapai suatu tujuan. 

Sinyal atau tanda yang diberikan oleh komunikator harus dipahami oleh komunikan dan timbal balik komunikan juga harus dipahami oleh komunikator.

Sedangkan menurut Djoko Purwanto pengertian komunikasi bisnis adalah hubungan bisnis dalam berbagai bentuk baik lisan maupun non verbal untuk mencapai satu tujuan.

Hubungan verbal dilakukan melalui hubungan lisan dan non verbal yang dimediasi oleh media tertulis seperti surat, memo, dan lain sebagainya.

Hunghess dan Kapoor menyampaikan pendapat yang berbeda. Menurut mereka komunikasi bisnis dilakukan oleh perusahaan perorangan yang dikelola dengan baik untuk menjual barang dan jasa dan menghasilkan keuntungan.

Dengan komunikasi bisnis perusahaan bisa mengetahui dan memenuhi kebutuhan konsumen secara keseluruhan.

Berdasarkan definisi komunikasi bisnis di atas dapat disimpulkan ada tiga tujuan utama dalam komunikasi bisnis, yaitu menginformasikan, meyakinkan, dan berkolaborasi. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang telah mencapai tiga tujuan ini. Inilah tujuan utama komunikasi bisnis.

Menginformasikan
Tujuan pertama adalah menginformasikan atau memberikan informasi. Dengan komunikasi bisnis, perusahaan dapat menyampaikan informasi tentang informasi perusahaan kepada klien dan pelanggannya untuk tertarik pada perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa proses penyediaan informasi ini adalah salah satu teknik pemasaran untuk membuat perusahaan lebih dikenal dan barang atau jasa diterima dengan baik.

Membujuk
Tujuan kedua adalah membujuk atau memberi bujukan. Persuading bertujuan untuk bertukar pendapat, gagasan, gagasan, atau informasi antara kedua belah pihak untuk mencapai suatu tujuan. Persuasi dibutuhkan agar tidak ada yang merasa dirugikan dalam bisnis. Jadi dalam hal ini kedua belah pihak diuntungkan.

Berkolaborasi
Tujuan akhir dari komunikasi bisnis adalah berkolaborasi atau berkolaborasi atau berkolaborasi. Setelah memberikan informasi yang jelas tentang perusahaan dan bernegosiasi atau bertukar dengan perusahaan lain atau konsumen bisa dibentuk kerjasama.

Jika proses komunikasi dilakukan dengan baik maka tiga tujuan komunikasi bisnis dapat tercapai. Setelah 3 gol tercapai maka kepercayaan klien dan konsumen perusahaan bisa terbangun.

Semakin tinggi kepercayaan yang diberikan kepada perusahaan, semakin besar kesempatan untuk menjalin kerjasama dan semakin besar manfaat yang bisa didapat.

Pengetahuan tentang definisi komunikasi bisnis dan tujuan yang dapat dicapai dengan komunikasi yang baik harus dimiliki oleh pimpinan perusahaan dalam rangka menjalin hubungan baik dengan karyawan, klien, dan konsumen.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 00.19.00
Tags :

Related : Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya

0 komentar:

Posting Komentar