Langsung ke konten utama

Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya

Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya - Komunikasi dibutuhkan di semua aspek kehidupan salah satunya di bidang usaha. Definisi komunikasi bisnis pada umumnya adalah pertukaran informasi atau hubungan timbal balik antara dua atau lebih orang dengan bahasa yang saling dipahami oleh bisnis. Komunikasi yang baik bisa menunjang kesuksesan sebuah bisnis.

Komunikasi dianggap berhasil jika tujuan menjadi komunikator (messenger) diterima dengan baik oleh komunikan (penerima pesan) tanpa kesalahpahaman (kesalahpahaman). Oleh karena itu, bahasa yang digunakan harus sama-sama dipahami oleh kedua belah pihak dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Pengertian dan Tujuan Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya
Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya
Beberapa ahli mengungkapkan pendapat berbeda tentang arti komunikasi bisnis. Tapi intinya sama saja. Rosenbalt berpendapat bahwa komunikasi adalah proses pertukaran gagasan, informasi, pesan dan lain-lain antara dua orang atau lebih dengan menggunakan sinyal atau sinyal untuk mencapai suatu tujuan. 

Sinyal atau tanda yang diberikan oleh komunikator harus dipahami oleh komunikan dan timbal balik komunikan juga harus dipahami oleh komunikator.

Sedangkan menurut Djoko Purwanto pengertian komunikasi bisnis adalah hubungan bisnis dalam berbagai bentuk baik lisan maupun non verbal untuk mencapai satu tujuan.

Hubungan verbal dilakukan melalui hubungan lisan dan non verbal yang dimediasi oleh media tertulis seperti surat, memo, dan lain sebagainya.

Hunghess dan Kapoor menyampaikan pendapat yang berbeda. Menurut mereka komunikasi bisnis dilakukan oleh perusahaan perorangan yang dikelola dengan baik untuk menjual barang dan jasa dan menghasilkan keuntungan.

Dengan komunikasi bisnis perusahaan bisa mengetahui dan memenuhi kebutuhan konsumen secara keseluruhan.

Berdasarkan definisi komunikasi bisnis di atas dapat disimpulkan ada tiga tujuan utama dalam komunikasi bisnis, yaitu menginformasikan, meyakinkan, dan berkolaborasi. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang telah mencapai tiga tujuan ini. Inilah tujuan utama komunikasi bisnis.

Menginformasikan
Tujuan pertama adalah menginformasikan atau memberikan informasi. Dengan komunikasi bisnis, perusahaan dapat menyampaikan informasi tentang informasi perusahaan kepada klien dan pelanggannya untuk tertarik pada perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa proses penyediaan informasi ini adalah salah satu teknik pemasaran untuk membuat perusahaan lebih dikenal dan barang atau jasa diterima dengan baik.

Membujuk
Tujuan kedua adalah membujuk atau memberi bujukan. Persuading bertujuan untuk bertukar pendapat, gagasan, gagasan, atau informasi antara kedua belah pihak untuk mencapai suatu tujuan. Persuasi dibutuhkan agar tidak ada yang merasa dirugikan dalam bisnis. Jadi dalam hal ini kedua belah pihak diuntungkan.

Berkolaborasi
Tujuan akhir dari komunikasi bisnis adalah berkolaborasi atau berkolaborasi atau berkolaborasi. Setelah memberikan informasi yang jelas tentang perusahaan dan bernegosiasi atau bertukar dengan perusahaan lain atau konsumen bisa dibentuk kerjasama.

Jika proses komunikasi dilakukan dengan baik maka tiga tujuan komunikasi bisnis dapat tercapai. Setelah 3 gol tercapai maka kepercayaan klien dan konsumen perusahaan bisa terbangun.

Semakin tinggi kepercayaan yang diberikan kepada perusahaan, semakin besar kesempatan untuk menjalin kerjasama dan semakin besar manfaat yang bisa didapat.

Pengetahuan tentang definisi komunikasi bisnis dan tujuan yang dapat dicapai dengan komunikasi yang baik harus dimiliki oleh pimpinan perusahaan dalam rangka menjalin hubungan baik dengan karyawan, klien, dan konsumen.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…