Langsung ke konten utama

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi - Seringkali kita mendengar tentang pembangunan ekonomi tanpa mengetahui makna dan makna, seringkali kita menggunakan kalimat ketika kita sendiri tidak tahu tentang arti perkembangan ekonomi riil.

Menurut Sadono Sukirno (1996), Understanding Economic Development adalah upaya untuk meningkatkan pendapatan per kapita dengan mengolah potensi ekonomi menjadi ekonomi riil dengan berinvestasi, menggunakan teknologi, menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menambah kemampuan organisasi, dan manajemen.

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi
Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi

Menurut Wikipedia, pembangunan ekonomi merupakan proses peningkatan total pendapatan dan pendapatan per kapita dengan memperhatikan adanya pertumbuhan penduduk yang disertai dengan perubahan mendasar dalam struktur ekonomi dan distribusi pendapatan bagi warga suatu negara.

Perkembangan ekonomi cukup penting terutama bagi negara berkembang, Adam Smith sendiri pernah mengatakan "Perkembangan ekonomi adalah kombinasi atau perpaduan antara pendapatan per kapita dan kemajuan teknologi"

Pentingnya perkembangan ekonomi ini, Michael P. Todari dan Stephen C. Smith (2012) berpendapat bahwa ada beberapa teori klasik dalam pembangunan ekonomi, seperti

Pendekatan Model Pengembangan Linier
Teori pendekatan ini didasarkan pada pemikiran barat saat melihat kemiskinan di berbagai negara. Negara-negara miskin harus melalui berbagai tahap untuk menjadi negara kaya dimana pertumbuhan terjadi ketika produk domestik bruto bergantung pada tingkat tabungan nasional namun berbanding terbalik dengan rasio output modal.

Teori Perubahan Struktur
Teori ini menyatakan bahwa negara bisa menjadi miskin karena tidak mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya.

Model Ketergantungan Internasional
Teori-teori yang melihat negara-negara berkembang mengalami kemiskinan karena secara politik dan ekonomi bergantung pada negara-negara kaya.

Penghitungan Neoklasik
Pendekatan teoritis ini mengatakan bahwa kemiskinan yang terjadi di negara berkembang berasal dari ketidakmampuan pemerintah dan masyarakat untuk mengalokasikan sumber daya.

Pengertian Pembangunan Ekonomi tentu saja harus dibedakan dengan anggapan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznets (2000) adalah peningkatan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan berbagai jenis barang ekonomi kepada masyarakat, sementara Kemampuan tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi dan penyesuaian kelembagaan, secara idiologis.

Hubungan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan ekonomi yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi mempercepat dan mempercepat pembangunan ekonomi.

Perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi antara lain pembangunan ekonomi merupakan proses perubahan yang terus membaik, seperti peningkatan produk per kapita sedangkan pertumbuhan ekonomi merupakan proses peningkatan produk per kapita dalam jangka panjang.

Pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan pemerataan pendapatan sementara perkembangan ekonomi menyangkut ekuitas juga mencakup output dan pembangunannya.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan dan Jenis serta Fungsinya

Indonesia sendiri menganut sistem ekonomi kapitalis yang lebih menyukai ekonomi rakyat (tercantum dalam UUD 1945 pasal 33). Pembangunan ekonomi sendiri di Indonesia dinilai terlalu terpusat di Pulau Jawa dibandingkan pulau lain. Tentunya untuk kesejahteraan rakyat, perlu dikembangkan produktivitas tenaga kerja juga.

Setelah memahami pengertian pembangunan ekonomi, jika kita cermati maknanya, pembangunan ekonomi adalah proses yang bersifat jangka panjang (tidak mendadak dan tidak sementara), pembangunan ekonomi merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan perkapita (dapat meningkatkan pendapatan sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat), pembangunan ekonomi berperan dalam meningkatkan pendapatan per kapita dalam jangka panjang sehingga bisa mengantisipasi kapan terjadi penurunan pendapatan.

pengertian pembangunan ekonomi juga berarti meningkatkan pendapatan per kapita ditambah dengan perubahan teknologi yang berperan dalam kualitas dan meningkatkan kapasitas produksi.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…