Selasa, 31 Oktober 2017

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi

;
Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi - Seringkali kita mendengar tentang pembangunan ekonomi tanpa mengetahui makna dan makna, seringkali kita menggunakan kalimat ketika kita sendiri tidak tahu tentang arti perkembangan ekonomi riil.

Menurut Sadono Sukirno (1996), Understanding Economic Development adalah upaya untuk meningkatkan pendapatan per kapita dengan mengolah potensi ekonomi menjadi ekonomi riil dengan berinvestasi, menggunakan teknologi, menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menambah kemampuan organisasi, dan manajemen.

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi
Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi

Menurut Wikipedia, pembangunan ekonomi merupakan proses peningkatan total pendapatan dan pendapatan per kapita dengan memperhatikan adanya pertumbuhan penduduk yang disertai dengan perubahan mendasar dalam struktur ekonomi dan distribusi pendapatan bagi warga suatu negara.

Perkembangan ekonomi cukup penting terutama bagi negara berkembang, Adam Smith sendiri pernah mengatakan "Perkembangan ekonomi adalah kombinasi atau perpaduan antara pendapatan per kapita dan kemajuan teknologi"

Pentingnya perkembangan ekonomi ini, Michael P. Todari dan Stephen C. Smith (2012) berpendapat bahwa ada beberapa teori klasik dalam pembangunan ekonomi, seperti

Pendekatan Model Pengembangan Linier
Teori pendekatan ini didasarkan pada pemikiran barat saat melihat kemiskinan di berbagai negara. Negara-negara miskin harus melalui berbagai tahap untuk menjadi negara kaya dimana pertumbuhan terjadi ketika produk domestik bruto bergantung pada tingkat tabungan nasional namun berbanding terbalik dengan rasio output modal.

Teori Perubahan Struktur
Teori ini menyatakan bahwa negara bisa menjadi miskin karena tidak mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya.

Model Ketergantungan Internasional
Teori-teori yang melihat negara-negara berkembang mengalami kemiskinan karena secara politik dan ekonomi bergantung pada negara-negara kaya.

Penghitungan Neoklasik
Pendekatan teoritis ini mengatakan bahwa kemiskinan yang terjadi di negara berkembang berasal dari ketidakmampuan pemerintah dan masyarakat untuk mengalokasikan sumber daya.

Pengertian Pembangunan Ekonomi tentu saja harus dibedakan dengan anggapan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznets (2000) adalah peningkatan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan berbagai jenis barang ekonomi kepada masyarakat, sementara Kemampuan tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi dan penyesuaian kelembagaan, secara idiologis.

Hubungan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan ekonomi yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi mempercepat dan mempercepat pembangunan ekonomi.

Perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi antara lain pembangunan ekonomi merupakan proses perubahan yang terus membaik, seperti peningkatan produk per kapita sedangkan pertumbuhan ekonomi merupakan proses peningkatan produk per kapita dalam jangka panjang.

Pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan pemerataan pendapatan sementara perkembangan ekonomi menyangkut ekuitas juga mencakup output dan pembangunannya.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan dan Jenis serta Fungsinya

Indonesia sendiri menganut sistem ekonomi kapitalis yang lebih menyukai ekonomi rakyat (tercantum dalam UUD 1945 pasal 33). Pembangunan ekonomi sendiri di Indonesia dinilai terlalu terpusat di Pulau Jawa dibandingkan pulau lain. Tentunya untuk kesejahteraan rakyat, perlu dikembangkan produktivitas tenaga kerja juga.

Setelah memahami pengertian pembangunan ekonomi, jika kita cermati maknanya, pembangunan ekonomi adalah proses yang bersifat jangka panjang (tidak mendadak dan tidak sementara), pembangunan ekonomi merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan perkapita (dapat meningkatkan pendapatan sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat), pembangunan ekonomi berperan dalam meningkatkan pendapatan per kapita dalam jangka panjang sehingga bisa mengantisipasi kapan terjadi penurunan pendapatan.

pengertian pembangunan ekonomi juga berarti meningkatkan pendapatan per kapita ditambah dengan perubahan teknologi yang berperan dalam kualitas dan meningkatkan kapasitas produksi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 00.25.00
Tags :

Related : Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi

0 komentar:

Posting Komentar