Jenis Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Klasifikasinya

Jenis Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Klasifikasinya - Tenaga kerja juga sangat luas, bisa dilihat dari ide yang disampaikan Dumairy yang menyediakan dua jenis tenaga kerja. Jenis tenaga kerja adalah sebagai berikut ..

1. Angkatan Kerja
Pengertian angkatan kerja adalah tenaga kerja atau penduduk di usia kerja yang bekerja, atau memiliki pekerjaan atau sementara tidak bekerja dan juga mencari pekerjaan.

2. Bukan Angkatan Kerja
Pengertian angkatan kerja adalah tenaga kerja atau usia kerja penduduk yang menganggur, menganggur dan juga tidak mencari pekerjaan, mereka yang memiliki kegiatan untuk sekolah (siswa), siswa, mengurus rumah tangga, dan yang menerima penghasilan, tapi tidak penghargaan langsung untuk layanan mereka.

Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Klasifikasi

Dalam menguraikan jenis-jenis persalinan. Ada klasifikasi yang mengkompilasi suatu sistem atau kelompok sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Klasifikasi persalinan adalah pengelompokan persalinan yang telah dipersiapkan sesuai dengan jenis kriteria. Jenis tenaga kerja adalah sebagai berikut.

1. Jenis Kekuasaan menurut Populasi

Jenis Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Klasifikasinya
Jenis Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Klasifikasinya
Pengertian tenaga kerja adalah seluruh jumlah orang yang dianggap mampu bekerja dan mampu bekerja jika tidak ada permintaan kerja. Di bawah undang-undang ketenagakerjaan, yang tergolong buruh adalah mereka yang berusia antara 15 dan 64 tahun.

Bukan tenaga kerja Pengertian bukan tenaga kerja adalah kekuatan yang dianggap tidak mampu dan tidak memiliki keinginan untuk bekerja, meski menuntut kerja. Berdasarkan UU Ketenagakerjaan no. 13 Pada tahun 2003, mereka adalah penduduk yang berusia di bawah 15 tahun dan berusia di atas 64 tahun. Contoh non-tenaga kerja adalah orang tua, anak-anak dan pensiunan.

2. Jenis Tenaga Kerja Menurut Batasan Kerja
Tenaga kerja Tenaga kerja adalah penduduk paruh baya berusia 15 sampai 64 tahun yang memiliki pekerjaan namun menganggur sementara atau bekerja di tempat kerja.
Bukan angkatan kerja Bukan angkatan kerja yang berusia 10 tahun ke atas yang memiliki kegiatan hanya bersekolah, mengurus rumah tangga dan sebagainya. Misalnya kelompok ini adalah anak sekolah dan juga seorang siswa, ibu rumah tangga dan juga orang cacat, dan sukarelawan menganggur.

3. Jenis Tenaga Kerja Menurut Kualitas
Pekerja terdidik Pengertian tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki keterampilan atau kemampuan dalam bidang tertentu baik yang menempuh pendidikan formal maupun nonformal. Contoh pekerja terdidik adalah pengacara, guru dan dokter, dll.

Pengertian Pekerja Terlatih adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang tertentu yang diperoleh melalui pengalaman kerja. Tenaga terampil semacam itu dibutuhkan selama latihan berulang untuk menguasai pekerjaan. Misalnya apoteker, mekanik, ahli bedah dan lain-lain.

Ketenagakerjaan tidak berpendidikan dan tidak terlatih. Pengertian jenis persalinan adalah tenaga kerja yang kasar hanya mengandalkan energi saja. Contohnya adalah pekerja transportasi, pembantu rumah tangga, kuli dan sebagainya.
Jenis Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Klasifikasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar